alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh Warga Saketi Pandeglang Temukan Artefak Ganesha, Usia Diperkirakan 1.800 Tahun

Hairul Alwan Senin, 31 Mei 2021 | 12:56 WIB

Heboh Warga Saketi Pandeglang Temukan Artefak Ganesha, Usia Diperkirakan 1.800 Tahun
Ilustrasi penemuan artefak Ganesha [IST]

Warga temukan artefak berbentuk kepala gajah di kampung Pematang, Desa Mekarwangi, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang.

SuaraBanten.id - Heboh warga Saketi Pandeglang temukan barang bersejarah. Warga temukan Artefak Ghanesha dengan usia diperkirakan 1.800 tahun.

Warga temukan artefak berbentuk kepala gajah di kampung Pematang, Desa Mekarwangi, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang. Warga temukan tiga artefak berukuran 1,5 meter.

Artefak itu diduga berupa patung Lingga Yoni, serta Bayi Ganesha dan Ganesha yang sudah berusia sekitar 1800 tahun lalu.

Pemilik pesawahan tempat ditemukannya artefak, Yahya tak menyangka jika batu tersebut merupakan peninggalan kerajaan zaman dahulu. Menurutnya, setelah perhatikan secara seksama batu di lahan persawahan tersebut mirip seperti kepala gajah.

Baca Juga: Geger Warga Pandeglang Temukan Artefak Ganesha, Diduga Berumur 1.800 Tahun

Kelompok pecinta sejarah, Yayasan Balaputra Salakanagara pun kemudian mendatangi lokasi tempat ditemukannya artefak itu. Kemudian lokasi penemuan sudah diberi tanda dengan tali.

Dadan Nurdiansyah, anggota Yayasan Balaputra Salakanagara mengatakan bahwa penemuan patung di lokasi itu pertama kali diketahui pada 2020. Saat itu ditemukan patung Lingga yoni dan patung menyerupai bayi gajah.

“Pertama itu ditemukan lingga yoni, yang orang sini menyebutnya tugu. Pas kita gali seperlunya, ternyata ada (ditemukan) baby Ganesha-nya, dan batu menyerupai gajah, dan kita pun memperluas pencarian,” terang Dadan melansir kumparan.com, Minggu (30/5/2021).

Patung tersebut juga dikaitkan dengan Kerajaan Salakanagara yang pernah ada di Banten pada abad kedua.

“Tapi kita dalami lagi, apakah ini ada kaitannya dengan Kerajaan Salakanagara,” terangnya.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Dituding Jualan Surga, Begini Responnya

Dadan menuturkan, warga menyebut lokasi penemuan patung itu dengan Situs Gajah Gumarang. Sebab, warga percaya leluhur mereka berasal dari Gajah Gumarang dan Gajah Barunang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait