alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banten Waspada Klaster COVID-19 di Lokasi Bencana, Terutama di Tangerang

Pebriansyah Ariefana Rabu, 24 Februari 2021 | 06:15 WIB

Banten Waspada Klaster COVID-19 di Lokasi Bencana, Terutama di Tangerang
Komplek Ciledug Indah 1, Karang Tengah, Kota Tangerang (Suara.com/Jehan)

Tes cepat antigen terhadap para korban banjir di posko-posko penampungan di wilayah Tangerang tersebut.

SuaraBanten.id - Banten waspada klaster COVID-19 di lokasi bencana, terutama di Tangerang. Maka itu, Dinas Kesehatan Provinsi Banten mengantisipasi penyebaran COVID-19 dari klaster bencana di Tangerang dengan melakukan tes cepat antigen di posko-posko penanganan banjir di daerah itu.

Tes cepat antigen terhadap para korban banjir di posko-posko penampungan di wilayah Tangerang tersebut dalam upaya mengantisipasi klaster baru penyebaran COVID-19 dari bencana banjir.

"Mereka yang ditampung di posko-posko bencana dilakukan 'rapid' (tes cepat) antigen, kita juga lakukan pembagian masker," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti di Serang, Selasa (23/2/2021).

"Alhamdulillah hasilnya semuanya negatif, baik di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, maupun Tangsel (Tangerang Selatan). Jadi tidak khawatir adanya klaster baru," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Disambut Kerumunan Warga Tanpa Prokes di NTT

Sampai saat ini para pengungsi korban banjir hanya mengalami sakit biasa seperti pegal-pegal, batuk, dan pilek biasa.

"Gatal belum, biasanya terjadi nanti setelah bersih-bersih," kata dia.

Ia menjelaskan posko kesehatan yang disiagakan biasanya satu komando dengan pusat. Sehingga selalu beriringan berintegrasi dengan kabupaten/kota.

"Kalau di kabupaten seluruh puskesmas sebagai posko utama. Posko darurat ada 23 titik untuk Kota Tangerang, di kabupaten posko daruratnya ada 15 titik. Kalau di Tangsel karena airnya cuma lewat, jadi posko daruratnya keliling," kata Ati.

Gubernur Banten Wahidin Halim melakukan pertemuan dengan jajaran Stasiun Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana terkait dengan curah hujan di wilayah itu.

Baca Juga: Pria Misterius Bercelurit Todong Bocah yang Asik Mabar Game Online

Pertemuan digelar di Ruang Rapat Rumah Dinas Gubernur Banten di Jln. Jenderal Ahmad Yani No. 158 Kota Serang, Selasa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait