alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Toyota GR Yaris Laku Keras di Malaysia, Bakal Merapat ke Indonesia?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Rabu, 20 Januari 2021 | 19:28 WIB

Toyota GR Yaris Laku Keras di Malaysia, Bakal Merapat ke Indonesia?
Toyota GR Yaris piawai di trek jalan raya maupun medan off-road [Toyota Thailand].

Produsen di Negeri Jiran menyebutkan, produk ini tidak akan dibuat sebanyak-banyaknya.

SuaraBanten.id - Toyota GR Yaris adalah salah satu produk unggulan Toyota yang memiliki DNA motorsport. Diturunkan dari Toyota Celica, malang-melintang di pentas rally dunia, jelmaan terkini dimunculkan dalam kapasitas mobil sehari-hari, namun andal di dua medan. Yaitu trek aspal maupun off-road.  Nah, karena keunggulan inilah, Toyota Motor UMW sebagai distributor merek Toyota di Malaysia menyatakan kebanjiran permintaan untuk model GR Yaris yang baru saja diluncurkan bulan lalu.

Memang tidak disebutkan secara detail berapa banyak unit yang sudah terpesan. Namun dipastikan Toyota GR Yaris hanya akan tersedia tidak lebih dari 200 unit.

Presiden Toyota Motor UMW, Ravindran Kurusamy mengatakan, Toyota GR Yaris memiliki potensi besar di pasar Malaysia. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah aktivitas motorsport di Negeri Jiran.

"Para penggemar yang antusias menunggu peluncuran model ini dan tidak membuang waktu untuk memesannya segera setelah kami luncurkan akhir tahun lalu," ujar Ravindran Kurusamy, dikutip kanal otomotif Suara.com, jaringan SuaraBanten.id, dari Paultan.

Baca Juga: Bentuk Penghormatan untuk Nakes, Toyota GR Yaris Reli Pakai Masker

Desain Alice Goodlife tampak atas dan samping [Dok Toyota UK via Carscoops].
Toyota GR Yaris yang bodynya didesain Alice Goodlife bergaya rally, saat berlangsung kejuaraan desain Toyota GR Yaris untuk anak dan remaja  [Dok Toyota UK via Carscoops].

Saat ini, tambahnya, lebih dari sebulan sejak diluncurkan, Toyota GR Yaris dibanjiri permintaan dari konsumen.

"Kami telah menerima tanggapan yang luar biasa. Kami berterima kasih kepada pelanggan atas dukungan antusias mereka," katanya.

Sementara itu, Deputy Chairman dan Chief Motorsports Officer Gazoo Racing Malaysia, Akio Takeyama menambahkan, label "GR" memberikan semangat motorsport seru, untuk diterapkan pada generasi baru mobil berperforma tinggi dari Toyota.

"GR Yaris merupakan contoh bagus dari kami tentang cara membuat mobil lebih baik dan menyenangkan untuk dikendarai. Selain itu, kami juga sangat senang karena bakal memperkenalkan lebih banyak model GR dalam waktu dekat," ungkapnya.

Sebagai model hatchback, GR Yaris terhitung buas. Mobil ini mengemas tenaga tinggi dari mesin turbo intercooler tiga silinder segaris 1,6 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 270 ps dengan torsi puncak 360 Nm. Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport "GR-Four" yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang.

Baca Juga: Toyota GR Yaris, Keturunan WRC yang Siap Mengaspal di Jalan Raya

Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan iMT. Kecepatan berakselerasi dari 0 - 100 km per jam bisa ditempuh dalam 5,5 detik.

Sementara di Tanah Air sendiri, sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM), Agen Pemegang Merek mobil Toyota di Indonesiamenyebutkan banyak pelanggannya di Tanah Air bertanya soal hatchback sport Toyota GR Yaris.

Sayang TAM belum bisa memastikan kedatangan mobil baru ini.

Disampaikan Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, dalam sebuah jumpa pers, pihaknya belum bisa menentukan kehadiran Toyota GR Yaris di Indonesia.

"Produk baru ini kami selalu bicarakan dengan prinsipal, jadi saya tidak bisa mengatakan karena memang belum diputuskan akan diluncurkan," terang Anton Jimmi Suwandy.

Namun demikian, ia tidak menampik bila banyak konsumen yang menanyakan kehadiran GR Yaris. Pasalnya model ini memang belum lama diperkenalkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait