alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rutin Pakai Suku Cadang Asli Buat Mobil, Ini Keuntungannya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Rabu, 13 Januari 2021 | 11:16 WIB

Rutin Pakai Suku Cadang Asli Buat Mobil, Ini Keuntungannya
Suku cadang otomotif, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Dengan pakai suku cadang atau sparepart atau komponen asli, peranti dijamin kompatibel, sehingga kerusakan bisa diminimalkan. Hasilnya mobil ikut awet, bukan?

SuaraBanten.id - Rajin merawat mobil dengan membawanya ke bengkel ternyata belum cukup dijadikan langkah perawatan kendaraan kesayangan. Sebaiknya, dipilih bengkel resmi, sementara suku cadang atau sparepart yang digunakan juga mesti asli atau resmi dari produsennya. Dengan demikian ada keuntungan bisa dipetik dari kegiatan perawatan itu.

Di sisi lain, bagi yang selama ini kurang peduli kondisi kendaraannya diimbau agar lebih detail lagi. Pasalnya dengan Pemberlakuan Pembatasan Keramaian Masyarakat atau PPKM Jawa dan Bali serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat di Ibu Jakarta  juga mesti dipertimbangkan. Penggunaan mobil pribadi lebih disarankan untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Frekuensi pun menjadi lebih sering, sehingga perawatan mobil pribadi pun dibutuhkan. Cara menjaga agar mobil selalu dalam kondisi prima, salah satunya adalah mengganti suku cadang secara berkala. Hal ini bisa dilakukan saat melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.

Pemakaian suku cadang atau sparepart asli akan memberikan banyak manfaat manfaat bagi konsumen.

Baca Juga: Ganjil Genap Ditiadakan, Awas Tilang Elektronik Tetap Berlaku

Berikut adalah beberapa keuntungan dari penggunaan suku cadang asli seperti disebutkan PT Honda Prospect Motor (HPM).

Bengkel resmi Honda [PT Honda Prospect Motor via ANTARA].
Bengkel resmi Honda [PT Honda Prospect Motor via ANTARA].

Yaitu:

1. Daya tahan lebih lama

  • Suku cadang asli memiliki daya tahan yang lebih lama karena dibuat menggunakan material berkualitas berspesifikasi telah teruji sesuai standar merek mobil yang bersangkutan.

2. Lebih hemat

  • Penggunaan suku cadang asli menghindarkan kendaraan dari timbulnya kerusakan akibat ketidakcocokan terhadap komponen lainnya.
  • Ujungnya, mampu meminimalkan biaya perawatan kendaraan dalam jangka panjang.

3. Kompatibel terhadap komponen lainnya

Baca Juga: Pakai Transmisi Otomatis, Begini Tips Merawat Mobil dari Mitsubishi

  • Suku cadang asli yang dibuat secara spesifik untuk sebuah merek mobil, tentu sudah melalui berbagai tahap penyesuaian dan pengujian untuk memastikan kecocokannya terhadap komponen lainnya di kendaraan.
  • Hal ini menjamin komponen bekerja dengan baik dan lebih aman dalam operasionalnya.

4. Garansi

  • Setiap suku cadang asli yang digunakan pada kendaraan tentunya memiliki jaminan atau garansi, sehingga apabila terjadi kerusakan dikarenakan masalah dalam proses pembuatan suku cadang, konsumen dapat melakukan penggantian suku cadang sesuai ketentuan garansi.

5. Harga jual kembali tinggi

  • Dengan melakukan penggantian suku cadang asli secara berkala di bengkel resmi, jika nantinya konsumen akan menjual mobilnya maka nilai jual kendaraan akan lebih baik karena kendaraan selalu dalam kondisi prima.

6. Promo pembelian suku cadang

  • Bengkel resmi juga sering memberikan berbagai program promosi untuk perawatan kendaraan dan pembelian suku cadang asli sehingga memberikan keuntungan lebih pada konsumen.
  • Contohnya Honda menawarkan diskon suku cadang dan aksesoris asli Honda hingga 90 persen. Penawaran ini ditujukan bagi seluruh konsumen Honda di Indonesia, berlaku sampai 29 Januari 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait