alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Modifikasi Mobil Berat atau Simpel, Jangan Lupakan Dua Unsur Ini

RR Ukirsari Manggalani Senin, 04 Januari 2021 | 15:22 WIB

Ingin Modifikasi Mobil Berat atau Simpel, Jangan Lupakan Dua Unsur Ini
Daihatsu Ayla tampil garang di ajang Daihatsu Dress-up Challenge. Sebagai ilustrasi [Dok Astra Daihatsu Motor].

Namanya modifikasi mobil, sekecil apapun bakal mendatangkan nilai personal bagi pemiliknya. Ini kuncinya dari Daihatsu.

SuaraBanten.id - Ngobrol tentang modifikasi mobil terkadang tak ada habisnya. Muncul saja ide buat mempercantik tampilan, maupun mengkorek performanya.  Mengapa demikian? Pasalnya sentuhan khas pemilik ini akan menjadikan tunggangan semakin personal, beda dari kondisi standar, dan bisa menjadi ciri sang pemilik. 

Tidak heran bila bila banyak pihak menggelar kejuaraan mendandani mobil atau dress-up ini. Salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang menggelar acara Daihatsu Dress-up Challenge (DDC) bersama Hot Import Night (HIN) Production sejak 2014.

Paruh Desember kemarin, PT ADM berbagi tips memodifikasi mobil kesayangan yang patokan tetap aman dan nyaman. Atau mengedepankan unsur keamanan dan kenyamanan terhadap kendaraan. Bisa disimak di Instagram, tajuknya "Ngoprek Bareng Daihatsu" episode "Modifikasi Ala DDC". Demikian dipetik dari kanal otomotif Suara.com, jejaring SuaraBanten.id.

Di kesempatan ini, PT ADM mengajak Reza Aliwarga, Chief Executive Officer (CEO) PT HIN Promosindo IAM Automodified.

Baca Juga: Dojo Safety dan Teaching Factory Antar Daihatsu Raih Apresiasi Kemendikbud

Beberapa area yang bisa didandani pemilik mobil antara lain eksterior, interior, audio, undercarriage, dan bagian lainnya. Bagian-bagian ini juga masuk kriteria penjurian DDC bila ingin diikutkan dalam kompetisi modifikasinya.

Modifikasi menjadi topik yang diangkat Daihatsu dalam acara daring [Dok PT ADM].
Modifikasi menjadi topik yang diangkat Daihatsu dalam acara daring [Dok PT ADM].

"Dalam hal modifikasi kendaraan, selain persiapan seperti selera dan budget, para modifikator perlu memperhatikan dua hal utama, yaitu form (bentuk) dan function (fungsi). Pastikan bentuk modifikasi mobil kita tetap mengutamakan fungsi kendaraan, yakni sebagai sarana transportasi, agar selain tampil keren, juga tetap aman dan nyaman dalam dikendarai baik bagi pengendara maupun orang lain di sekitar kita," tukas Reza Aliwarga.

Secara umum, modifikasi termudah dan terjangkau yang paling sering dilakukan adalah mengganti komponen kaki-kaki, yakni pada velg dan ban. Atau bagian roda.

Selain proses penggantian bongkar-pasang komponen yang lebih mudah, tampilan velg juga dapat mendongkrak penampilan mobil secara signifikan. Setelah itu, dapat diikuti dengan modifikasi audio dan bagian lainnya.

Sebagai catatan, DDC sendiri selalu menyedot animo peserta, terlihat dari statistik yang selalu meningkat tiap tahunnya. Khusus 2020, kontes modifikasi digelar secara virtual di seluruh Indonesia melalui DDeC 2020 atau Daihatsu Dress up e-Challenge 2020.

Baca Juga: Di Pelat Mobil Gading Marten Ada Nama Spesial, Ini Cara Dapat Nomor Cantik

"Melalui modifikasi kendaraan, para pengguna Daihatsu bisa mengekspresikan diri dan unjuk kreativitas secara positif. Juga bisa mempertandingkan hasil kreasi modifikasi kendaraannya lewat kontes Daihatsu Dress up Challenge yang rutin digelar setiap tahun, dan hadir secara virtual pertama kali pada tahun 2020 ini," papar Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

"Nantikan kontes modifikasi Daihatsu selanjutnya," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait