alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Turut Sosialisasikan Pencegahan COVID-19, NU Peduli Luncurkan COC

RR Ukirsari Manggalani Jum'at, 01 Januari 2021 | 23:45 WIB

Turut Sosialisasikan Pencegahan COVID-19, NU Peduli Luncurkan COC
Peluncuran mobil edukasi keliling Car of COVID-19 Care (COC) di Jakarta, Kamis (31/12/202) [Satgas NU Peduli COVID-19].

Ini salah satu cara NU mendukung upaya pemerintah memutus rantai penyebaran virus Corona jenis baru.

SuaraBanten.id - Upaya edukasi COVID-19 terus dilakukan berbagai pihak di Tanah Air agar pandemi ini bisa segera tuntas. Salah satu cara yang dinilai efektif adalah sosialisasi keliling tentang virus SARS-CoV-2 menggunakan bahasa daerah dan metode edutainment (edukasi entertainment) sesuai kearifan lokal.  Untuk itu,  NU Peduli dari organisasi Nahdlatul 'Ulama meluncurkan mobil edukasi keliling tanggap virus SARS-CoV-2 yang disebut Car of COVID-19 Care atau COC.

Secara simbolis, kendaraan-kendaraan ini diberangkatkan dari Gedung PBNU, Jakarta, Kamis (31/12/2020). Demikian dikutip kanal otomotif Suara.com, jejaring SuaraBanten.id, dari kantor berita Antara.

Adapun materi sosialisasi berbentuk jingle, pantun, shalawat, ceramah dan pengumuman. Untuk memperkuat sosialisasi, NU Peduli COVID-19 bermitra dengan Badan Pendidikan dan Anak-anak PBB (UNICEF).

Tugas yang diemban para petugas dalam mobil-mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu adalah mengedukasi 202.852 orang di 86 kabupaten se-Indonesia.

Baca Juga: Dahulu Produksi Mobil Pejabat, Hongqi Raih Rekor Penjualan Tertinggi 2020

Menilik banyaknya anggota masyarakat yang disasar, mobil yang dikerahkan juga tidak sedikit, yaitu mencapai 1.293 unit.

"Total ada 18 bahasa daerah yang diproduksi dengan harapan kegiatan mobil edukasi keliling ini mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang COVID-19 dan mengubah perilaku masyarakat untuk mempraktikkan protokol kesehatan cegah COVID-19," jelas Makky Zamzami, Ketua Satgas NU Peduli COVID-19 dalam jumpa pers daringnya yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Dan ke-18 daerah yang disasar mobil COC adalah lima kawasan di DKI Jakarta dan sisanya Provinsi Jawa Timur (Pasuruan, Jombang, Malang, Tuban, Surabaya), Jawa Tengah (Demak, Pati), Jawa Barat (Depok, Bekasi, Cianjur, Tangerang Selatan, Banten), sampai Mataram (NTB).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait