alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dear yang Ingin Konvoi Tahun Baru, Polisi Lakukan Penyekatan di 11 Titik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Kamis, 31 Desember 2020 | 12:30 WIB

Dear yang Ingin Konvoi Tahun Baru, Polisi Lakukan Penyekatan di 11 Titik
Petugas kepolisian berjaga saat dilakukan penyekatan kendaraan di pintu keluar Tol Bitung, Kabupaten Tangerang, Banten. Sebagai ilustrasi [ANTARA FOTO/Fauzan]

Tahun baru new normal terasa kurang sreg tanpa konvoi? Bagaimanapun, kerumunan tidak dibolehkan, karena berpotensi ada penularan COVID-19.

SuaraBanten.id - Di antara perayaan tahun baru yang sudah berlangsung di saat lalu, situasi 2020 terasa berbeda. Ada penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sampai penyekatan agar tidak terjadi kerumunan. Suka tidak suka, dengan kerja sama menghindari terjadinya kerumunan, penularan virus Corona jenis baru bisa dicegah. Polda Metro Jaya sudah menyiapkan skema penyekatan.

Dengan kebijakan ini, wilayah Jakarta dan sekitarnya, yang mencakup Jabodetabek akan mendapat penjagaan ketat dari segala bentuk kerumunan di malam perayaan Tahun Baru. Penyekatan ini akan dilakukan Polda Metro Jaya di 11 titik menuju Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan bahwa penyekatan ke-11 titik menuju Jakarta akan mulai dilakukan pukul 20.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB.

“Semua titik-titik akan disekat mulai pukul 8 malam sampai pukul 1 pagi WIB tanggal 1 Januari," jelas Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (30/12/2020), seperti dikutip kanal otomotif Suara.com, jaringan SuaraBanten.id, dari NTMC Polri.

Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung AKP Rafly Yusuf memasang banner pemberitahuan penutupan tempat keramaian di malan tahun baru. [ISTIMEWA]
Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung AKP Rafly Yusuf memasang banner pemberitahuan penutupan tempat keramaian di malan tahun baru. Sebagai ilustrasi dilarang berkerumun dalam momentum tahun baru [ISTIMEWA]

Ia menyebutkan bahwa  penyekatan bukan berarti menutup pintu Jakarta. Namun mencegah orang dari luar Jakarta yang hendak melakukan perayaan tahun baru di Ibu Kota NKRI.

"Penyekatan, kami akan laksanakan filterisasi, penyaringan artinya bukan menutup kota Jakarta, tetapi kami tutup dari konvoi dan orang-orang yang akan diperkirakan merayakan Tahun Baru di Jakarta,” jelasnya.

Adapun dari 11 titik itu, di antaranya di Ring Road Tegal Alur, wilayah UI Depok, dan Jalan Raya Bogor. Pintu dari arah Depok, Bekasi, Tangerang juga akan akan diawasi.

Berikut 11 titik wilayah yang mendapat pengamanan ekstra menjelang malam tahun baru 2021:

  1. Ring Road Tegal Alur
  2. Wilayah UI perbatasan Jakarta-Depok
  3. Jalan Raya Bogor
  4. Perempatan Pasar Jumat perbatasan Jakarta-Tangerang
  5. Joglo
  6. Kembangan
  7. Kalimalang
  8. Kawasan Panasonic Jalan Raya Bogor
  9. Depan Polsek Batu Ceper
  10. Perbatasan Bekasi
  11. Jakarta Timur

Kombes Sambodo Purnomo Yogo juga mengimbau seluruh warga Jakarta agar merayakan Tahun Baru di rumah. Juga tidak berkonvoi di jalan karena saat ini kasus COVID-19 di Jakarta masih tinggi.

Komentar

Berita Terkait