alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gunakan Jalan Tol Tangerang, Ini Tips Mengemudi Aman Liburan Akhir Tahun

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Rabu, 30 Desember 2020 | 12:01 WIB

Gunakan Jalan Tol Tangerang, Ini Tips Mengemudi Aman Liburan Akhir Tahun
Suasana Jalan Tol JORR menuju Cikampek macet total, Jakarta, Kamis (24/12/2020) menjelang Libur Nataru atau Libur Natal dan Tahun Baru. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Oke Atmaja]

Dalam situasi pandemi, bila akan berkendaraan via jalan tol, termasuk di kawasan Tangerang menuju Merak atau arah Jakarta, ini wacananya,

SuaraBanten.id - Liburan akhir tahun sudah tiba, berperjalanan dengan mobil pribadi mungkin menjadi sebuah pilihan bagi keluarga tercinta. Karena masih dalam masa pandemi, maka protokol kesehatan atau prokes mesti dijadikan rujukan agar tidak terjadi penularan virus Corona jenis baru.

Dikutip kanal otomotif Suara.com, jaringan SuaraBanten.id, dari Auto2000 berikut adalah tips melaju di ruas jalan tol selama memasuki masa liburan akhir tahun.

Tips persiapan bermobil dan melaju di jalan tol masa libur akhir tahun:

Polisi memberlakukan contraflow jalan tol Japek arah Cikampek, Minggu (22/12/2019). (Suara.com/Yacub)
Polisi memberlakukan contraflow jalan tol Japek arah Cikampek, saat Libur Nataru tahun lalu. Sebagai ilustrasi  (Suara.com/Yacub)

1. Persiapkan bahan bakar

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Lima Mobil Terlaris Sepanjang 2020

  • Untuk mencegah kerumuman dan penerapan protokol kesehatan, pengunjung rest area di jalan tol dibatasi hingga 50 persen.
  • Supaya tidak bermasalah dengan bahan bakar, pastikan tangki bensin sudah terisi penuh sebelum masuk jalan tol.

2. Waspada microsleep

  • Microsleep merupakan bahaya laten yang sering menyerang saat melakukan pekerjaan yang monoton seperti mengemudi di jalan tol yang melenakan.
  • Penjelasannya adalah suatu kondisi di mana pengemudi mobil tertidur lelap secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 1 hingga 30 detik. Kondisi ini cukup untuk membuat kendaraan kehilangan kendali dan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

3. Kendalikan emosi

  • Wajib diingat, perjalanan liburan membawa anggota keluarga tercinta. Oleh karenanya, kendalikan emosi saat mengemudi atau dikenal sebagai rage road.
  • Tidak perlu meladeni pengguna jalan yang memancing emosi seperti menyerobot antrean di gerbang tol. Berkendaralah sesuai aturan dan jangan berlaku seenaknya sendiri seperti pindah jalur tiba-tiba.

4. Patuhi aturan lalu lintas

  • Di masa liburan, beberapa titik jalan tol akan mengalami kepadatan, seperti di sekitar rest area dan gerbang tol. Ikuti aturan dan petunjuk yang ada, termasuk arahan dari petugas Kepolisian.
  • Jangan menyerobot antrean yang bisa menambah kemacetan atau bahkan memicu kecelakaan.

5. Bahaya aquaplaning

  • Aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air. Risikonya adalah mobil tidak bisa dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.
  • Segera kurangi kecepatan saat hujan turun atau melewati wilayah yang habis terkena hujan. Tidak hanya ban, perangkat rem dan visibilitas pengemudi juga ikut tereduksi saat hujan.

6. Siapkan e-Toll

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Hiburan Edukatif Carmaker Bagi Anak - Remaja saat Pandemi

  • Syarat mutlak untuk dapat menggunakan jalan tol adalah saldo kartu e-toll yang cukup. Minimal harus tersedia dua kartu sebagai cadangan jika ada masalah. Letakkan kartu di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak mudah tercecer.
  • Perhatikan pula bahwa pencatatan history pemakaian jalan tol diterakan pada kartu yang dipakai saat masuk gerbang. Jangan ubah dengan memakai kartu berbeda.

7. Rapid test antigen

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait