alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Jova, Hobi Berkebun Tanaman Indoor Hingga Berujung Cuan Kala Pandemi

M Nurhadi Rabu, 11 November 2020 | 19:01 WIB

Kisah Jova, Hobi Berkebun Tanaman Indoor Hingga Berujung Cuan Kala Pandemi
Jenis tanaman yang dijual oleh Jova melalui Kaktusku [Instagram/kaktusku.id]

Berawal dari hobi di kala pandemi, Jova kini cuan jutaan dalam waktu sebulan.

SuaraBanten.id - Awalnya, Jovanka Naila tak pernah berharap hobinya merawat tanaman bisa menjadi usaha. Namun, berasal dari hobi tersebut, kini dara manis asal Cilegon ini memiliki bisnis dengan omzet lumayan

Tidak hanya itu, usaha dengan tajuk Kaktusku tersebut ia bahkan berhasil memberi inspirasi bagi banyak orang bahwa seperti apapun awalnya, usaha adalah sesuatu yang pantas diperjuangkan.

Jova, sapaan akrabnya, nampak tengah mempersiapkan beberapa jenis tanaman yang sudah ditempatkan di pot-pot kecil. Mulai dari kaktus hingga berbagai spesies bunga yang menawan menyambut kami, sebelum si empu menoleh.

Jova menunjukkan salah satu tanaman yang dijual [Ist]
Jova menunjukkan salah satu tanaman yang dijual [Ist]

Usai sempat berbasa-basi dan berkenalan, Jova mulai berceloteh tentang perjalanannya membangun usahanya itu. 

Dari awal ia memang memiliki ketertarikan pada beragam jenis tanaman. Namun, meski suka, ia tak segera menekuni hobinya tersebut.

Barulah, ketika ia mulai kuliah dan tinggal di kos, Jova yang merasa kesepian mencoba merawat aneka indoor plant yang ia tempatkan didalam kamar kosnya.

“Saya itu sering banget share video dan foto tanaman saya ke Instagram. Iseng-iseng aja, dan ternyata followers saya banyak yang suka dan tertarik sama jenis tanaman yang saya bagikan,” ucap Jova, Senin (2/11/2020).

Lama-kelamaan Mahasiswa Jurusan Manajemen di Universitas Muhammadiyah Jakarta ini menyadari, ada potensi bisnis dari hobinya itu.

Pada awal ia merintis usahanya, Jova hanya bermodal uang Rp100 ribu yang ia gunakan untuk membeli 30 buah bibit tanaman.

“Waktu awal 2018 itu saya cari-cari dulu tempat yang jual aneka tanaman hijau dalam jumlah banyak. Setelah ketemu distributor dan ngerasa cocok, saya mulai memutuskan berjualan itu di bulan Mei 2018,” katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait