Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Corona, KAI Sediakan Ruang Isolasi Dalam Kereta Api

Erick Tanjung Selasa, 01 September 2020 | 18:59 WIB

Cegah Corona, KAI Sediakan Ruang Isolasi Dalam Kereta Api
Kereta Api Kuala Stabas Jurusan Lampung- Baturaja di Stasiun Kareta Api Divre IV Tanjung Karang, Bandar Lampung, Lampung, Senin (1/9/2020). [Antara/Ardiansyah]

KAI siapkan ruangan isolasi bagi para penumpang yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat celsius.

SuaraBanten.id - PT KAI Divre IV Tanjungkarang menyiapkan gerbong khusus sebagai ruang isolasi bagi penumpang yang suhu tubuhnya tinggi, di atas normal. Suhu tubuh normal di bawah 37 derajat celcius.

"Kami siapkan ruangan tersendiri bagi para penumpang yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat celsius. Bila mengalami gejala sesak napas dan lainnya, akan diturunkan di stasiun terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama dari tenaga medis," kata Kepala PT KAI Divre IV Tanjungkarang Junaidi Nasution di Bandarlampung, Selasa (1/9/2020).

Menurutnya, untuk menjaga keamanan di atas kereta saat perjalanan, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh setiap 3 jam sekali, agar kondisi masing-masing penumpang terkontrol. Selain itu, dengan dicek suhu tubuh para penumpang satu per satu, ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan aman.

"Kami sudah siapkan ruangan khusus di atas kereta, ini semua guna mencegah penyebaran Covid-19. Karena itu menjadi SOP yang sudah diberikan dan ditentukan oleh kantor pusat," ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap petugas dibekali alat pelindung diri atau APD lengkap, seperti masker, sarung tangan karet, dan pelindung wajah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo meminta agar KA Kuala Stabas disemprot disinfektan sebelum diberangkatkan agar penumpang KA merasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan.

"Harus dilakukan penyemprotan disinfektan agar kereta lebih steril, " katanya.

Menurutnya, di setiap gerbong KA juga wajib disiapkan handsanitizer. Selain itu, KA juga harus menerapkan protokol kesehatan kepada para calon penumpang, seperti wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh saat akan masuk ke dalam kereta.

"Semuanya ini merupakan langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Semoga para penumpang bisa memahami ini semua," pungkasnya. [Antara]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait