Bupati Irna Berharap Bandara Baru Banten Bisa Dibangun di Pandeglang

Reza Gunadha
Bupati Irna Berharap Bandara Baru Banten Bisa Dibangun di Pandeglang
Bupati Pandeglang Irna Narulita. [Suara.com/Saepulloh]

"Saya berharap kepada bapak gubernur untuk bisa mengusulkan bandara baru di Pandeglang.

SuaraBanten.id - Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memilih daerahnya sebagai lokasi pembangunan bandara baru.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya disebut-sebut sedang menimbang lokasi bandara baru, yakni di daerah Teluk Naga Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, atau Pandeglang.

"Kalau daerah lain sudah penuh, bisa dialihkan ke daerah selatan Banten, yakni Pandeglang," kata kata Irna kepada SuaraBanten.id, Jumat (24/1/2020).

Dengan begitu, kata Irna tidak ada perbedaan pembangunan antara daerah utara Banten dengan wilayah selatan provinsi tersebut.

Apalagi, pembangunan bandara baru tersebut masuk alam salah satu proyek strategis nasional (PSN) di wilayah Banten.

Karena itu, Irna berharap Gubernur Banten Wahidin Halim mengusulkan Pandeglang sebagai daerah pembangunan bandara baru.

"Kami berharap tidak ada disparitas ketimpangan antara Banten utara, yakni Tangerang dan sekitarnya dengan Banten selatan seperti Pandeglang dan Lebak. Saya berharap kepada bapak gubernur untuk bisa mengusulkan bandara baru di Pandeglang.”

Bupati perempuan pertama di Pandeglang ini mengungkapkan, persoalan kemiskinan di selatan Banten adalah problem tersendiri bagi provinsi yang sudah berusia 19 tahun tersebut.

Walaupun nantinya bandara baru dikelola oleh pemprov, tetap akan ada efek positif bagi perekonomian warga Pandeglang.

"Usia pemprov sudah 19 tahun, sementara masyarakat Banten selatan masih banyak yang miskin. Ada ketimpangan tadi si kaya dan si miskin. Jadi bagaimana pemerintah bisa melakukan pemerataan pembangunan. Ya saya berharap bandara Banten Selatan itu ada di Pandeglang," kata dia.

Pemkab Pandeglang sendiri beberapa waktu lalu telah mengusulkan lokasi calon bandara baru di Kecamatan Sobang.

Irna mengatakan, terdapat lahan milik Perhutani di Kecamatan Sobang bisa ditukar-guling oleh Pemprov Banten guna dijadikan bandara baru.

Kontributor : Saepulloh

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS