Bertepatan HUT RI, Banten Diguncang Gempa 4,2 Magnitudo

Agung Sandy Lesmana
Bertepatan HUT RI, Banten Diguncang Gempa 4,2 Magnitudo
Ilustrasi gempa bumi. [Antara]

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan, sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelasnya.

Suara.com - Tepat di HUT RI ke-74, gempa bumi berkekuatan 4,2 magnitudo kembali mengguncang Banten, tepatnya di Kabupaten Lebak, Sabtu (17/8/2019).

Lindu tektonik itu mengguncang Kabupaten Lebak pukul 12.18 wib, dengan pusat gempa berkoordinat di 7.36 LS - 106.12 BT.

"Tepatnya berada di laut, pada jarak 49 km darat daya Bayah, Banten, dengan kedalaman 22 kilometer," kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugrogo, melalui siaran persnya.

Menurutnya, jika ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal, yang diakibatkan aktivitas gempa intraplate lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Bayah, Cikotok, Sawarna dan Panggarangan, dengan Skala Intensitas III MMI, di Cimandiri dengan Skala Intensitas II MMI.

"Hingga pukul 12.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," katanya.

Masyarakat diimbau tidak mudah percaya dengan isu yang berkembang dan tetap memantau informasi resmi, dari situs BMKG atau lembaga resmi lainnya.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan, sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelasnya.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS