Erick Tanjung | Ummi Hadyah Saleh
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (Suara.com/Novian)

SuaraBanten.id - Kementerian Kesehatan tengah melakukan berbagai persiapan vaksinasi Covid-19. Persiapannya mulai dari kesiapan sumber daya manusia atau SDM, sarana dan prasana, melakukan simulasi-simulasi untuk kelancaran proses vaksinasi nanti. 

"Kementerian Kesehatan tengah melakukan berbagai persiapan untuk melancarkan bila saatnya vaksinasi nanti dilaksanakan," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai mengikuti Rapat Terbatas di di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/11/2020).

Terawan menuturkan, berbagai simulasi yang telah dilakukan yakni distribusi vaksin ke seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan agar pada saat vaksinasi nanti berjalan lancar tanpa kendala.

"Kemudian juga melakukan simulasi-simulasi mengenai bagaimana pendistribusiannya. Semua detil supaya kami tahu betul apa yang harus dilengkapi, apa yang harus dikerjakan," ucap dia.

Baca Juga: AS Perkirakan Mulai Vaksinasi COVID-19 Awal Desember

Simulasi, lanjut Terawan, dilakukan secara rutin untuk persiapan vaksinasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta kepastian vaksin Covid-19 datang ke Indonesia. Jokowi juga meminta laporan terkait kesiapan vaksinasi mulai dari proses distribusi, persiapan cold chains, hingga proses administrasi yang berkaitan dengan emergency use of authorization atau EUA dari BPOM.

"Mengenai vaksin ini sampai di tangan kita kapan, karena sudah diproses mestinya proses administrasi, proses pembayaran sudah dilakukan. Kemudian kesiapan vaksinasi itu sudah berapa persen, baik yang menyangkut proses distribusi dan lainnya seperti apa? saya ingin mendapatkan laporannya," kata Jokowi dalam rapat terbatas.

Komentar