facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cak Nun: Jangan Pelajari Filsafat untuk Menemukan Allah

Hairul Alwan Rabu, 04 Mei 2022 | 06:14 WIB

Cak Nun: Jangan Pelajari Filsafat untuk Menemukan Allah
Potret Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun. (Dokumen Suara.com)

"Jangan dipikir anda belajar filsafat mau kuliah, mau mandiri mau apapun terus puncaknya pengetahuan," kata Cak Nun

SuaraBanten.id - Sebuah video Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun menyarankan untuk tidak belajar filsafat untuk menemukan Allah baru-baru-baru ini viral di TikTok.

Dalam video viral yang diunggah akun TikTok @noonecaress_ itu Cak Nun mengawali pernyataannya dengan menyebut puncak pengetahuan filsafat adalah ketidaktahuan.

"Jangan dipikir anda belajar filsafat mau kuliah, mau mandiri mau apapun terus puncaknya pengetahuan," kata Cak Nun ndalam video tersebut.

"Nggak! puncak pengetahuan adalah ketidaktahuan. Puncak pengetahuan adalah kesadaran bahwa kita tidak mengerti," ujarnya melanjutkan.

Baca Juga: Bikin Heboh, Hewan Besar Ini Santai Banget Ngintip di Dinding Kamar Mandi Warga, Netizen: Tinggal Beli Bumbu Rica-rica

Cak Nun pun lantas mencontohkan pemehaman tentang manis dan asin dan siapa yang menciptakan rasa tersebut.

"Wong orang itu tidak bisa memahami yang saya omongkan manis, asin aja orang nggak bisa kok. Kamu pikir siapa yang punya ide asin dulu?," tanya Cak Nun.

Ia pun melanjutkan penjelasan jika orang yang hidup dengan filsafat merupakan orang yang membuka pintu-pintu penderitaan. Cak Nun pun menyinggung soal pemehaman terhadap Allah

"Jadi kalau anda menghadapi hidup dengan filsafat, anda membuka pintu-pintu penderitaan. Yang ditawarkan oleh Islam bukanlah pemahaman terhadap Allah, tapi pemahaman dan apresiasi dan cinta kasih kepada ciptaan Allah itu," ungkapnya.

Dengan begitu, lanjut Cak Nun, akan terefleksi hakikat-hakikat Allah yang dan bayangan Allah akan muncul dimana-mana.

Baca Juga: Viral, Diduga Marah karena Tak Disediakan Kantong Plastik, Ibu-ibu di Kutai Timur Ngamuk Obrak-obarik Isi Indomaret

"Nah disitu nanti terefeleksikan hakikat Allah itu, tapi bukan Allah itu sendiri. Jadi bayangan Allah itu akan muncul di mana-mana," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait