alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Soal Ustaz Khalid Basalamah Tolak Nyanyi Indonesia Raya, Ini Tanggapan MUI

Hairul Alwan Minggu, 30 Mei 2021 | 16:29 WIB

Soal Ustaz Khalid Basalamah Tolak Nyanyi Indonesia Raya, Ini Tanggapan MUI
Waketum MUI Anwar Abbas. [BPKH RI]

Tanggapan MUI nyatakan pernyataan Khalid Basalamah tidak masalah.

SuaraBanten.id - Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas angkat suara soal Ustaz Khalid Basalamah Tolak Nyanyi Indonesia Raya. Tanggapan MUI nyatakan pernyataan Khalid Basalamah tidak masalah.

Kata Anwar Abbas, terkait video Khalid Basalamah tidak ada masalah dengan pernyataannya.

“Itu kan merespons pertanyaan ya, ada yang bertanya anaknya terbebani ketika membawakan lagu Indonesia Raya, itu kan beliau lagi berdakwah dan menghadapi banyak pertanyaan, tentu beliau jawab secara singkat saja, kalau terbebani ya sudah nggak usah nyanyi saja," katanya dikutip dari Terkini.id-Jaringan Suara.com, Sabtu (29/5/2021).

"Saya melihat cara berpikirnya pragmatis saja, kalau melakukan itu terbebani kan stres, bisa gila. Jangan sampai anak ini stres gara-gara lagu Indonesia Raya, ya sudah, praktisnya, supaya nggak gila, ya sudah, nggak usah dinyanyikan,” imbuhnya.

Baca Juga: Akses Menuju Negeri di Atas Awan Lebak Terputus Gegara Longsor

Anwar Abbas menuturkan, Khalid Basalamah pastinya akan menjawab panjang lebar terkait kebaikan menyanyikan lagu wajib nasional apabila diberi waktu.

“Itu saya rasa kalau ada waktu kalau kita tanya terus, ya saya yakin dan percaya Khalid Basalamah akan menjelaskan bahwa menyanyikan lagu Indonesia Raya itu baik,” kata Anwar.

Ia juga berpendapat bahwa menyanyikan Indonesia Raya dapat membangkitkan kebanggaan dalam diri.

“Menyanyikan lagu itu (Indonesia Raya) kan indah, yang menyanyikan pasti akan merasakan sesuatu dalam dirinya,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Anwar, MUI menyayangkan pihak yang mendengarkan ceramah secara sepotong-potong dan sengaja membuat keributan. Menurutnya, perbuatan itu justru tidak mencerminkan nilai keislaman.

Baca Juga: Klarifikasi Ustaz Khalid Basalamah Soal Video Tolak Nyanyi Indonesia Raya: Itu Video Lama

“Saya rasa nggak ada masalah di situ, orang-orang hanya mencari-cari masalah saja, selesai. Sebenarnya nggak ada masalah, cuma dipermasalahkan saja. Itu orang membuat kacau, jadi sekarang ini menurut saya ya, orang memotong-motong akhirnya membuat keributan," tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait