alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jangan Jilat Bibir Kering Saat Puasa, Begini Penjelasan Dokter

Hairul Alwan Rabu, 05 Mei 2021 | 11:05 WIB

Jangan Jilat Bibir Kering Saat Puasa, Begini Penjelasan Dokter
Ilustrasi bibir kering, pecah-pecah (Pixabay/dotigabrielf)

Saat berpusa seringkali bibir kita menjadi kering. Untuk mengatasinya mayoritas orang membasahi bibir dengan dijilat.

SuaraBanten.id - Saat berpusa seringkali bibir kita menjadi kering. Untuk mengatasinya mayoritas orang membasahi bibir dengan dijilat atau dengan air liur.

Dengan harapan bisa mengembalikan bibir menjadi lembab saat berpuasa. Namun, cara tersebut tidak dibenarkan dokter ahli kulit dan kelamin dr Fitria Amalia Umar.

dr Fitria mengatakan, kebiasaan menjilat bibir berdampak buruk dan kelembaban tidak kembali hanya dengan menjilat bibir. Karenanya ia menyarankan jangan jilat bibir kering saat puasa.

“Sering menjilat bibir justru berisiko bikin kulit di areal tersebut kering. Kelembaban mungkin akan kembali untuk sementara, namun sisa makanan dan permukaan lidah pada akhirnya berdampak buruk kelembaban kulit bibir. Kalau kering jangan dijilat,” kata dr Fitria dikutip dari BantenNews.co.id.

Baca Juga: Pesona Ketampanan Nicholas Saputra, Bayangannya Aja Bikin Klepek-klepek

Selain kering, permukaan lidah yang kasar juga berisiko menyebabkan luka pada kulit bibir.

Menurut dr Fitria, bibir yang terasa kering harus dihadapi dengan menggunakan pelembab atau memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas per hari.

Kebutuhan tersebut harus dipenuhi meski tengah puasa dengan memanfaatkan saat sahur, berbuka, dan saat malam hari. Kecukupan cairan memungkinkan kelembaban kulit selalu terjaga.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait