alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

UIN Jakarta Kecolongan, Kegitan Terorisme dan Baiat Melibatkan Munarman

Hairul Alwan Kamis, 29 April 2021 | 14:54 WIB

UIN Jakarta Kecolongan, Kegitan Terorisme dan Baiat Melibatkan Munarman
Munarman tiba di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya pada Selasa malam (27/4/2021) dengan dikawal oleh petugas kepolisian. [Antara/HO-istimewa]

Universitas Islam Negeri atau UIN Jakarta akui kecolongan soal pemabaiatan yang melibatkan Mantan Sekum FPI Munarman di lingkungan hotel mahasiswa Syahida Inn.

SuaraBanten.id - Universitas Islam Negeri atau UIN Jakarta akui kecolongan soal pemabaiatan yang melibatkan Mantan Sekum FPI Munarman di lingkungan hotel mahasiswa Syahida Inn.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta Arief Subhan. Ia menyebutkan UIN Jakarta kecolongan adanya kegiatan pembaiatan yang melibatkan Munarman tersebut.

"Pada saat itu kita menyadari, kita kecolongan nih ya. Setelah itu kita memperketat, kita lihat siapa yang sewa, jangan sampai terjadi hal serupa. Tidak terjadi dalam lingkungan kampus sebenarnya. Tapi okelah terjadi di lingkungan UIN tapi itu terjadi 2014. Bahwa itu terkait dengan tokoh-tokoh tertentu itu kita sama sekali nggak tahu," ungkap Arief.

Pihak UIN Jakarta mengakui Munarman melakukan kegiatan terorisme di kampusnya tahun 2014 lalu di tempat yang disewakan untuk publik.

Baca Juga: Penangkapan Munarman Sampai ke Telinga HRS, Habib Rizieq Panjatkan Doa

"Jadi peristiwa yang disebut pembaiatan yang terjadi di UIN Jakarta itu peristiwa lama ya mas. Kalau di googling, peristiwa itu terjadi 2014. Di situ, peristiwa (pembaiatan) terjadi di ruang yang disewakan untuk publik di lingkungan kampus," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (29/4/2021).

UIN Jakarta punya fasilitas yang disewakan dan digunakan publik. Seperti masjid dan hotel ala mahasiswa Syahida Inn.

Terdapat dua masjid, pertama masjid di dalam kampus Student Center dan masjid Fathullah yang ada di sebrang kampus 1 UIN Jakarta. Serta hotel mahasiswa Syahida Inn. Kegiatan pembaiatan yang melibatkan Munarman, dilakukan di Syahida Inn.

"Jadi siapa saja bisa menyewa di situ, karena memang komersial untuk acara pernikahan, diskusi dan seterusnya. Pada sebelum 2014 itu memang agak sangat umum, namannya bisnis. Konon juga isunya di situ terjadi ketika ada orang atau lembaga menyewa wisma Syahida," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, eks Sekum FPI Munarman ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri di kediamannya di Perumahan Modern Hill, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Diborgol dan Ditutup Mata, Munarman Belum Ditetapkan Tersangka Kerana Ini

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, Munarman ditangkap terkait kegiatan baiat teroris di tiga kota.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait