alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lakukan Hal Ini, Anda Tidak Akan Ngantuk Usai Santap Sahur

Hairul Alwan Rabu, 28 April 2021 | 11:35 WIB

Lakukan Hal Ini, Anda Tidak Akan Ngantuk Usai Santap Sahur
ILUSTRASI Ngantuk (Pixabay/Sammy-Williams)

Penyebab rasa kantuk yang datang di waktu sahur karena tubuh masih menghasilkan hormon melatonin yang membantu seseorang untuk tidur di malam hari.

SuaraBanten.id - Usai santap sahur di bulan Ramadhan  tentu mayoritas dari kita mengalami rasa kantuk berlebih. Namun, rasa kantuk tersebut mesti dilawan dan jangan dituruti dengan tidur kembali.

Saat menjalani aktifitas sahur di bulan Ramadhan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi akan diubah menjadi energi dan digunakan untuk melakukan aktifitas di siang hari.

Namun, seringkali rasa kantuk tak tertahankan usai santap sahur seringkali datang. Hal ini dikarenakan aliran darah yang dimaksudkan menuju ke otak justru dialihkan untuk membantu jalannya pencernaan makanan.

Selain itu, penyebab rasa kantuk yang datang di waktu sahur karena tubuh masih menghasilkan hormon melatonin yang membantu seseorang untuk tidur di malam hari.

Baca Juga: Masjid Cikoneng: Saksi Kekejaman Belanda Memberondong Jemaah Salat Jumat

Saat ngantuk usai santap sahur, mayoritas dari kita mungkin langsung bergegas tidur kembali. Padahal, tidur setelah makan tidak baik untuk kesehatan.

Untuk itu, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa ngantuk usai sahur agar tidak ada keinginan untuk tidur kembali. Berikut seperti dilansir BantenNews.co.id.

1. Makan Secukupnya

Ketika puasa, Anda tidak boleh makan dan minum selama 12 jam atau satu hari penuh, sehingga hal tersebut membuat Anda berpikir bahwa akan lebih baik jika sahur dalam porsi yang cukup banyak agar tidak merasa lapar di siang hari.

Sayangnya, hal itu justru merugikan tubuh Anda, karena saat Anda makan terlalu banyak, perut Anda akan terasa tidak nyaman akibat terlalu kenyang, bahkan membuat mata terasa gantuk. Oleh sebab itu, makanlah secukupnya ketika sahur agar kondisi tubuh Anda tetap fit selama menjalankan puasa.

Baca Juga: Tradisi Ngaji Pasaran di Ponpes Miftahul Hidayah, 6 Kitab Dilalap Sebulan

2. Mengonsumsi Makanan Pedas

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait