alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Lebak Masih Banyak Pakai Lampu Cempor, Awas Kebakaran Habis Sahur

Pebriansyah Ariefana Rabu, 14 April 2021 | 19:26 WIB

Warga Lebak Masih Banyak Pakai Lampu Cempor, Awas Kebakaran Habis Sahur
ILUSTRASI kebakaran. [Suara.com/Imam Faisal]

BPBD Lebak mengimbau masyarakat jika melakukan kegiatan memasak untuk persiapan makan sahur harus memberi perhatian pada kompor dan tungku kayu bakar.

SuaraBanten.id - Warga Lebak Banten masih banyak pakai lampu cempor atua lampu minyak. Sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meminta masyarakat di daerah ini meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran di pemukiman selama Ramadhan 1442 Hijriah.

Kebanyakan penyebab kebakaran pemukiman masyarakat selama Ramadhan akibat penerangan, seperti lilin, lampu cempor, kompor, tungku kayu setelah makan sahur, warga lupa mematikannya, juga karena korsleting listrik.

"Biasanya kasus kebakaran melonjak selama Ramadhan, karena kegiatan memasak yang dilakukan masyarakat cenderung meningkat," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Pebby Rizky Pratama di Lebak, Rabu (14/4/2021).

Kondisi bangunan rumah warga juga masih banyak ditemukan dengan kondisi mudah terbakar, misalnya karena dibangun dengan atap rumbia, tiang penyangga dan dinding bambu.

Baca Juga: Dalih Hormati Orang Puasa, Satpol PP Serang Larang Warung Nasi Buka Siang

"Jika rumah itu terdapat lilin dan lampu cemor jatuh dipastikan mudah terbakar," katanya.

BPBD Lebak mengimbau masyarakat jika melakukan kegiatan memasak untuk persiapan makan sahur harus memberi perhatian pada kompor dan tungku kayu bakar.

Masyarakat yang memasak pada dini hari itu kerap kali lupa mematikan kompor atau tungku kayu bakar sehingga memicu terjadinya kebakaran.

"Kami di hari kedua puasa Ramadhan itu belum menerima laporan adanya kebakaran," katanya.

Ia mengatakan BPBD Lebak tetap menyiagakan personel dan relawan untuk melakukan penanganan jika terjadi kebakaran di kawasan pemukiman penduduk.

Baca Juga: Sambangi Pelabuhan Merak, Kapolda Banten Tagaskan Pelarangan Mudik Lebaran

Para relawan itu mampu memadamkan kebakaran dengan menggunakan peralatan yang sudah disiagakan sebab mereka sudah terlatih untuk melakukan penanganan kebakaran permukiman warga.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait