alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Trend Pengangguran Cilegon Terus Naik, Helldy Lakukan Solusi Ini

Hairul Alwan Senin, 05 April 2021 | 19:18 WIB

Trend Pengangguran Cilegon Terus Naik, Helldy Lakukan Solusi Ini
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memberi keterangan kepada awak media (Suara.com/Adi Mulyadi)

"Sejak 2018 itu ada di tiga terendah 2019 dan 2020 ini kan jadi dua terendah, kita kan belum pernah mencapai, minimal baik lah diangka 4 besar atau 5 besar lah," kata Helldy

SuaraBanten.id - Trend pengangguran di Kota Cilegon terus mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir ini. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian usai Musrenbang di Hotel Royal Krakatau Senin (5/4/21)

Helldy Agustian mengatakan, serapan tenaga kerja di Kota Cilegon beberapa tahun ini begitu buruk hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengangguran di Kota yg memiliki banyak Objek Vital Nasional itu.

"Sejak tahun 2018 itu ada di tiga terendah 2019 dan 2020 ini kan jadi dua terendah, kita kan belum pernah mencapai, ya minimal baik lah diangka 4 besar atau 5 besar lah," kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Senin (5/4/21)

Meski demikian, pihaknya akan berusaha mengentaskan pengangguran dan akan kerjasama dengan industri yang ada di Kota Cilegon dengan melakukan pemagangan selama tiga bulan.

Baca Juga: Wali Kota Cilegon Helldy Ingin Tiru Makassar Soal Pariwisata

"Kalau ada 70 PMA (Penanam Modal Asing) bisa menampung 50 orang per industri sudah 3500 orang, setahun kan ada 4 kali training dong, berarti kan ada 14.000 orang cilegon pinter kan gitu," bebernya.

Selain itu dirinya juga optimis untuk membangunkan kembali ekonomi dari sisi UMKM yang ada di wilayah Kota Cilegon. Kata dia, pengangguran berjenis kelamin perempuan usia produktif di kota Cilegon masih sangat tinggi.

"Ada 6.000 orang perempuan di Kota Cilegon nganggur katagorinya di kampung-kampung," ujar mantan Kepala Cabang Toyota Cilegon itu.

"Misalkan sebanyak 70 industri ini makan sate bandeng seminggu sekali, kan itu 4 kali dalam satu bulan, berarti kan ada 280 pesanan, di bagi 30 hari dalam satu bulan, berarti kan 9 kampung yang UMKM nya kita tingkatkan," ungkapnya.

Untuk mendukung upaya tersebut dalam waktu dekat ini pihaknya ajan melakukan diskusi dengan pihak industri yg ada di Kota Cilegon.

Baca Juga: Wali Kota Cilegon Helldy Agustian: Ingin Lebih Bermanfaat bagi Orang Lain

"Nanti kita akan panggil induatrinya juga mudah-mudahan mereka mau bantu kami," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait