alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tidak Sebatas di Indonesia, di Negara Ini Nissan Juga Stop Produksi

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Senin, 25 Januari 2021 | 11:04 WIB

Tidak Sebatas di Indonesia, di Negara Ini Nissan Juga Stop Produksi
Bagian buritan Nissan Almera, yang diproduki perdana 2010, versi Thailand [Nissan Global].

Nissan tengah melakukan restrukturisasi, hasilnya seperti demikian.

SuaraBanten.id - Langkah Nissan untuk menghentikan produksinya di Tanah Air sempat mengundang pernyataan mengingat pertumbuhannya signifikan. Akan tetapi, usah "iri" bila mengamati peta restrukturisasi carmaker ini di ASEAN. Setelah Indonesia, pabrik perakitan Nissan di Laguna, sebelah tenggara Laguna del Bay dan Manila, ibu kota Filipina juga ikut digembok.

Keputusan yang diambil Nissan berujung pada pemutusan hubungan kerja sebanyak 133 pekerja di negara Barong Tagalog itu.

"Pengumuman Nissan untuk menutup operasi perakitan sangat disesalkan, karena perkembangan ini semakin menunjukkan situasi industri otomotif yang semakin kritis," ujar Ramon Lopez, Menteri Perdagangan Filipina, dikutip dari CNN Philipines.

Nissan mengatakan akan berhenti merakit model Nissan Almera di Filipina sebagai bagian dari rencana untuk mengoptimalkan produksi dan operasi bisnis yang efisien di kawasan ASEAN.

Baca Juga: Terjadi Pada Nissan dan Honda, Volkswagen Juga Pangkas Produksi

Interior Nissan Almera, produksi perdana 2010 [Nissan Global].
Interior Nissan Almera, produksi perdana 2010 [Nissan Global].

"Tetapi para karyawan yang dipindahkan itu akan diberikan paket kompensasi yang wajar," terang perusahaan.

Sebelumnya perusahaan juga menutup pabrik di Eropa, Amerika Serikat, dan negara berkembang sejak 2019, kemudian merumahkan 42.500 pekerja. Perusahaan memasang target untuk lebih mengurangi kapasitas produksi global hingga 20 persen.

"Penghentian operasi perakitan Almera, mengikuti jejak Honda dan Isuzu, bahwa industri perakitan mobil lokal sangat dipengaruhi oleh lonjakan impor," kata Ramon Lopez.

Sebelum penutupan di Filipina itu, CEO Nissan, Makoto Uchida juga telah mengumumkan penghentian aktivitas produksi pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat pada 18 Maret 2020.

Keputusan diambil untuk memperbaiki kinerja keuangan, produksi, dan penjualan global yang dalam sebelas tahun terakhir ini menurun.

Baca Juga: Nissan Magnite Sampai ke Konsumen Mulai Maret, Ini Spesifikasinya

Hal senada juga dilakukan Nissan di negara lain. Misalnya ada penutupan pabrik di Barcelona, Spanyol. Kemudian pabrik di Britania Raya. Berlokasi di Sunderland, bagian timur laut Inggris, inilah pusat produksi Nissan di Eropa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait