alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengaruhi Kesehatan Organ Intim Wanita, Hindari 5 Kebiasaan di Toilet Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Minggu, 27 Desember 2020 | 20:45 WIB

Pengaruhi Kesehatan Organ Intim Wanita, Hindari 5 Kebiasaan di Toilet Ini
Vagina, organ intim, miss V (Pixabay/silviarita)

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan di kamar mandi bisa berdampak buruk pada kesehatan kewanitaan.

SuaraBanten.id - Berada di kamar mandi kerap dikaitkan dengan membersihkan diri. Meski begitu, beberapa rutinitas Anda di kamar mandi atau toilet ternyata malah bisa merugikan kesehatan vagina dan kewanitaan secara keseluruhan.

"Mengevaluasi ulang rutinitas kamar mandi dan rutinitas perawatan Anda bisa menjadi penting, tak cuma untuk kesehatan genital tapi juga kesehatan dan kebugaran seksual secara keseluruhan," kata Dr. Leah Millheiser, seorang OB / GYN di Standford Medicine kepada Bustle.

Melansir dari Bustle, berikut lima kebiasaan yang tak baik untuk kesehatan kewanitaan, antara lain:

1. Cebok dari Belakang ke Depan

Baca Juga: Akhir Tahun Provinsi Lampung Berlakukan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru

Ilustrasi organ intim wanita. (Shutterstock)

Membersihkan dari arah belakang (pantat) ke depan (vagina) nyatanya bisa mendorong bakteri ke dalam tubuh dan  menyebabkan infeksi.

"Hal utama yang saya lihat adalah infeksi saluran kemih yang terjadi setelah perempuan tak mengikuti teknik toileting yang benar," ujar ahli urologi bersertifikat Dr. Michael Ingber.

"Perempuan mesti mengusap dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri ke saluran kemih," katanya menambahkan.

2. Tak Duduk dengan Benar di Toilet

Kursi toilet tak selalu menjadi tempat yang paling nyaman untuk diduduki terutama jika berada di toilet umum. Namun kencing dengan posisi duduk tidak sempurna atau bokong tak menempel nyatanya bisa berbahaya bagi Anda

Baca Juga: Ketahui 4 Penyebab Warna Vagina Jadi Gelap

"Ini bisa mencegah otot-otot dasar panggul dari relaksasi dan menyebabkan disfungsi dasar panggul (PFD)," ungkap spesialis dasar panggul Rachel Gelman, DPT, PT.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait