alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bank Syariah Muhammadiyah Diproyeksi Didirikan Tahun 2022

M Nurhadi Sabtu, 26 Desember 2020 | 19:32 WIB

Bank Syariah Muhammadiyah Diproyeksi Didirikan Tahun 2022
(muhammadiyah.or.id)

"Dengan adanya proses kajian mendalam dan izin dari OJK, saya bilang itu bisa paling cepat di 2022," ungkap Rifqi.

SuaraBanten.id - Muhammadiyah kabarnya akan mendirikan bank syariah sendiri yang akan dinamai Bank Syariah Muhammadiyah. Rencana ini sendiri merupakan hasil dari kajian internal dari pengurus Muhammadiyah di beberapa daerah. 

Kabar adanya pendirian Bank Syariah Muhammadiyah ini muncul setelah PP Muhammadiyah menyatakan akan menarik dananya di Bank Syariah Indonesia (BSI).

BSI tidak lain merupakan hasil merger Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. 

Pengurus Muhammadiyah di Magelang dan Akademisi Bidang Keuangan Islam UII Yogyakarta, Rifqi Muhammad menyebut, pendirian Bank Syariah Muhammadiyah masih menjadi kajian internal dari pengurus Muhammadiyah di sejumlah daerah.

Baca Juga: Profil Abdul Mu'ti, Sekum PP Muhammadiyah yang Tolak Jabatan Wamendikbud

"Iya, di dalam internal persyarikatan Muhammadiyah. Ide Bank Syariah Muhammadiyah belum menjadi keputusan resmi dan masih dalam tahap analisis dan kajian, karena sebagai organisasi besar dengan tata kelola organisasi yang baik, tentu keputusan besar untuk membentuk Bank Syariah Muhammadiyah akan dipertimbangkan dengan matang dengan tahapan pengusulan berjenjang," ujar Rifqi melansir Batamnews, Sabtu (26/12/2020).

Ia melanjutkan, memerlukan kajian yang mendalam untuk mendirikan sebuah bank syariah. Sementara, kajian internal yang dihasilkan akan diajukan pada Muktamar Muhammadiyah tahun depan.  

Untuk mendirikan bank syariah, membutuhkan persetujuan dari semua pimpinan Muhammadiyah di berbagai wilayah. Apabila usulan ini disetujui, hal ini akan direkomendasikan dalam Muktamar Muhammadiyah yang rencananya digelar tahun depan.

"Yang akan mengusulkan mestinya Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan di PP Muhammadiyah. Hal ini sedang disiapkan, agar di Muktamar Muhammadiyah nantinya dapat menjadi salah satu rekomendasi," jelasnya.

Rifqi berharap, setelah melalui proses tersebut, Bank Syariah Muhammadiyah ini bisa terwujud paling cepat di 2022.

Baca Juga: Sempat Dihubungi Nadiem Makarim, Abdul Mu'ti Tolak Jabatan Wakil Menteri

"Dengan adanya proses kajian mendalam dan izin dari OJK, saya bilang itu bisa paling cepat di 2022," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait