alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Liburan Akhir Tahun: Mengunjungi Kawasan Wisata Banten Lama Kala Pandemi

M Nurhadi Jum'at, 25 Desember 2020 | 15:58 WIB

Liburan Akhir Tahun: Mengunjungi Kawasan Wisata Banten Lama Kala Pandemi
Wisatawan berfoto dengan latar menara Masjid Agung Banten Lama, Jumat (25/12/20). (Suara.com/ Ahmad Haris)

Kawasan Wisata Banten Lama Tetap Ramai Pengunjung di Tengah Pandemi

SuaraBanten.id - Libur natal kali ini digunakan sebagian masyarakat untuk berkunjung ke Kawasan Wisata Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Di kawasan ini, terdapat Masjid Agung Banten Lama yang telah berdiri sejak ratusan tahun lalu, tepatnya pada masa Kesultanan Banten yang pertama, Sultan Hasanudin.

Tak jauh dari masjid, terdapat makam Sultan beserta keluarganya yang sering diziarahi oleh banyak umat Islam, baik dari Provinsi Banten maupun luar Provinsi Banten.

Di luar area Masjid Agung Banten Lama, terdapat sisa puing-puing Keraton Surosoan. Keraton ini diyakini menjadi istana tempat bagi Sultan Hasanudin dalam menjalankan roda pemerintahan pada masa itu.

Saat ini, di setiap sudut Keraton Surosoan telah direvitalisasi oleh Pemprov Banten sehingga menjadi lebih menarik dan Instagramable, seperti taman-taman indah pada umumnya.

Baca Juga: Misa Malam Natal Secara Online

Selama masa pandemi seperti sekarang, Kawasan Wisata Banten Lama tidak pernah sepi pengunjung. Dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, Banten Lama masih memiliki daya tarik dan selalu dikunjungi.

M. Sabullah, Danru (Komandan regu) 1 Satgas Keamanan Kawasan Wisata Banten Lama menuturkan, sesuai dengan intruksi Satgas Covid-19, setiap orang yang memasuki kawasan Masjid Agung Banten Lama wajib memakai masker dan senantiasa menjaga jarak.

Hal ini bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 di area wisata Banten Lama. "Kalau tidak memakai masker, tidak diperbolehkan masuk ke area Masjid dan Makam Sultan," ujar Sabullah saat ditanyai Suara.com, Jumat (25/12/20).

Ia melanjutkan, pihaknya juga selalu berjaga dan menghimbau para pengunjung agar tetap menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

"Kita selalu himbau, baik secara langsung dilakukan oleh teman-teman keamanan, maupum imbauan yang dilakukan melalui pengumuman di pengeras suara," papar Sabullah.

Baca Juga: Gelar Misa Natal, Gereja Santo Laurensius Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Ia menambahkan, saat ini tingkat kunjungan wisatawan di Banten Lama sedikit berkurang karena pandemi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait