Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Viral Mayat Diangkut Mobil Bak Terbuka, Dinkes Pandeglang Minta Maaf

Chandra Iswinarno Selasa, 21 April 2020 | 21:33 WIB

Kisah Viral Mayat Diangkut Mobil Bak Terbuka, Dinkes Pandeglang Minta Maaf
Jenazah pasien dibawa pakai mobil pikap di Pandeglang. (Istimewa)

Peristiwa tersebut, diakui Dewi, terjadi karena ada miskomunikasi dan kekurangpahaman petugasnya.

SuaraBanten.id - Peristiwa diangkutnya jenazah warga di Pandeglang menggunakan mobil bak terbuka dari Puskesmas Labuan membuat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Dewi Setiani angkat bicara.

Dewi mengaku minta maaf atas kejadian tersebut. Dia mengemukakan, saat itu mobil ambulans yang berada di Puskesmas Labuan sedang disterilisasi menggunakan disinfektan. Sterilisasi dilakukan karena ambulans tersebut, sebelumnya dipakai untuk merujuk pasien orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19.

Dia mengemukakan, hal tersebut sudah disampaikan kepada pihak keluarga.

"Menyikapi pemberitaan media terkait adanya warga yang meninggal di Puskesmas Labuan dan jenazah diantar oleh mobil losbak, kami atas nama dinkes turut prihatin dan memohon maaf kepada keluarga korban atas ketidaknyamanan dan kesalahpahaman ini," kata Dewi dalam keterangan tertulis yang diterima suara.com, Selasa (21/4/2020).

Peristiwa itu, diakui Dewi, terjadi karena ada miskomunikasi dan kekurangpahaman petugasnya. Di sisi lain petugasnya di lapangan tengah disibukkan dengan pelayanan wabah COVID-19 dan beberapa SOP kerap berubah-ubah sehingga membingungkan petugas di lini terdepan, yaitu Puskesmas.

"Tapi kami tetap mengingatkan kepada semua kepala UPT puskesmas untuk tetap memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat," ungkapnya.

Ia sudah memerintahkan jajaran untuk mendatangi puskesmas setempat untuk mengetahui kronologis kejadiannya.

Atas peristiwa tersebut, Dewi mengaku bakal menjadi pembelajaran berharga bagi instansinya, sehingga ke depan dapat memperbaiki pelayanan kesehatan sehingga kejadian serupa tak terulang kembali.

"Kita sudah memerintahkan kepada kasi terkait layanan Puskesmas untuk datang ke puskesmas Labuan menanyakan kronologis kejadiannya dan sudah kita pelajari," ujarnya.

Untuk melayani masyarakat dalam penggunaan mobil ambulans jenazah, dinkes telah menyiapkan tiga unit di tiga zona, di antaranya di RSUD Aulia Menes, Puskesmas Saketi dan Puskesmas Panimbang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait