Lawan COVID-19, Pemprov Banten Luncurkan Situs Infocorona

RR Ukirsari Manggalani
Lawan COVID-19, Pemprov Banten Luncurkan Situs Infocorona
Situs Infocorona Banten dengan alamat https://infocorona.bantenprov.go.id/ [screen shot Inforocorona Provinsi Banten].

Selain info pasien, ada nomor kontak Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Banten sehingga bisa disimak kesiapsiagaan hadapi wabah.

SuaraBanten.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meluncurkan situs atau website yang menampilkan data terbaru pasien terpapar COVID-19. Berbeda dengan Jawa Barat (Jabar) yang bisa menampilkan detail hingga ke tingkat kelurahan, situs dengan alamat https://infocorona.bantenprov.go.id/ hanya menampilkan sebaran sampai tingkat kabupaten dan kota saja.

Dalam situs resmi itu, di bagian muka dicantumkan jumlah orang yang dinyatakan positif, dirawat, sembuh dan meninggal dunia. Kemudian ketika mengklik "more details", akan terlihat bagan yang berisikan kluster pasien dengan kategori sembuh, masih dirawat dan meninggal.

"Peluncuran situs ini dimaksudkan untuk mencegah kesimpangsiuran informasi Kesiapsiagaan Virus Corona (COVID-19) khususnya di Provinsi Banten," papar Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH), dalam siaran persnya, Rabu (18/03/2020).

Dalam situs ini, yang dilihat pada Rabu, 18 Maret 2020, pukul 00.30 WIB, terlihat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 20 orang, di mana 15 masih dirawat dan lima sudah sembuh.

Kemudian di laman lainnya, tercantum ada delapan warga Banten dinyatakan positif COVID-19. Dengan detail tujuh pasien dalam perawatan dan satu pasien dinyatakan meninggal dunia.

Pada laman Orang Dalam Pemantauan (ODP), terpampang angka 135 orang. Sebanyak 84 masih dipantau dan 51 orang dinyatakan sembuh.

"Pada situs ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi dan data terkait perkembangan Virus Corona (COVID-19) di Provinsi Banten mulai dari data Orang Dalam Pemantauan (ODP), data Pasien Dalam Pengawasan (PDP), data Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Provinsi Banten," terangnya.

Situs ini mencantumkan pula nomor kontak yang bisa dihubungi oleh masyarakat, yang ingin bertanya mengenai COVID-19 hingga memberikan informasi terkait penyakit jenis baru ini. Nomor telephone yang tertera di sini adalah 0852-1577-9659.

"Pemerintah Provinsi Banten terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi wabah Virus Corona (COVID-19), salah satunya meluncurkan situs infocorona. Ada nomor kontak Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Banten yang bisa dihubungi oleh masyarakat," jelasnya.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS