Mobil - mobil di Ciledug Indah Tangerang Hanyut Terbawa Arus Banjir

Reza Gunadha
Mobil - mobil di Ciledug Indah Tangerang Hanyut Terbawa Arus Banjir
Mobil-mobil hanyut terseret arus banjir di kompleks perumahan Ciledug Indah II maupun Ciledug Indah I, Jalan KH Hasyim Ashari, Tangerang, Banten, Rabu (1/1/2020). [Twitter]

"Saya prihatin Ciledug Indah banjir lagi, padahal beberapa tahun terakhir sudah terbebas dari banjir. Ini mengulangi tahun 2007," kata Wahidin.

SuaraBanten.id - Sejumlah kawasan di Kota Tangerang, Banten, diterjang banjir besar, Rabu (1/1/2020), seiring hujan berintensitas tinggi mengguyur sejak malam sebelumnya.

Satu kawasan yang paling terdampak banjir adalah kompleks perumahan Ciledug Indah II maupun Ciledug Indah I, Jalan KH Hasyim Ashari.

Padahal, daerah terebut sudah lama tak lagi langganan banjir saat musim penghujan.

Bahkan, di media-media sosial, beredar video-video mobil di daerah tersebut terseret arus Kali Angke yang meluap.

Gubernur Banten Wahidin Halim yang merupakan mantan Wali Kota Tangerang mengakui terheran-heran daerah tersebut kembali terendam banjir.

Ia mengatakan, kompleks perumahan Ciledug Indah I - II sudah terbebas dari bajir sejak beberapa tahun terakhir. Persisnya setelah pembangunan tanggul di Jakarta rampung.

"Saya prihatin Ciledug Indah banjir lagi, padahal beberapa tahun terakhir sudah terbebas dari banjir. Ini mengulangi tahun 2007," kata Wahidin.

Bantuan

Aparat kecamatan di Kota Tangerang, Banten mulai mendistribusikan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir.

Pantauan di lapangan, Rabu, distribusi makanan dilakukan aparat kecamatan Batuceper kepada warga yang dibantu oleh tokoh masyarakat setempat.

Camat Batuceper, Nurhidayatullah di Tangerang Rabu menuturkan, bantuan diberikan sesuai dengan kebutuhan warga setempat mulai dari makanan siap saji hingga kebutuhan lainnya.

"Sudah mulai kami distribusikan kepada warga. Sekaligus petugas juga membantu warga lainnya jika ada yang memerlukan penanganan medis," ujarnya.

Ia menjelaskan, dapur umum penanganan banjir di wilayah Batuceper dibuka di kantor kecamatan. Warga bisa mengajukan permintaan jika ada keperluan bantuan. "Lurah juga kami minta cek wilayah untuk mempercepat distribusi bantuan," ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka posko banjir yang berlokasi di 13 kantor kecamatan dan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Mulyani menjelaskan, masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi layanan 112. Sementara itu, Dinas Kesehatan telah menyiagakan 22 puskesmas dalam membantu warga terkait penanganan medis.

Kepala Satpol PP Kota Tangerang, Agus Henra mengatakan, Pemkot Tangerang mendapatkan bantuan perahu karet dari Basarnas, Tagana dan PMI.

"Perahu bantuan di tempatkan pada lokasi yang parah speerti di ciledug indah. Sebab tadi pak Wali sudah melihat langsung dan perlu ada tambahan bantuan perahu agar warga dapat di evakuasi," ucapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS