facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Fakta Lata Mangeshkar, Penyanyi Legendaris India yang Ngetop Sampai Indonesia

Hairul Alwan Selasa, 08 Februari 2022 | 11:15 WIB

5 Fakta Lata Mangeshkar, Penyanyi Legendaris India yang Ngetop Sampai Indonesia
Lata Mangeshkar [Instagram]

Penyanyi legendaris yang memukau jutaan orang dengan suaranya, Lata Mangeshkar meninggal dunia.

SuaraBanten.id - Nama Lata Mangeshkar cukup dikenal di kalangan pecinta film India di Indonesia. Lagu-lagu yang dinyanyikan di sebuah film yang dibintangi para aktor dan aktris papapn atas Bollywood sangat populer di Indonesia.

Kali ini India sedang berduka. Penyanyi legendaris yang memukau jutaan orang dengan suaranya, Lata Mangeshkar meninggal dunia.

Perempuan yang meninggal di usia 92 tahun itu meninggal pada Minggu pagi (6/2/2022), di Rumah Sakit Breach Candy tempat dia dirawat karena COVID-19 dan pneumonia.

Fakta Lata Mangeshkar yang pernah duet dengan Rhoma Irama ini pun langsung mencuri perhatian.

Lata Mangeshkar dibawa ke unit perawatan intensif pada 8 Januari setelah dinyatakan positif COVID-19. Selain itu dia juga dirawat karena pneumonia.

Baca Juga: 4 Fakta Lata Mangeshkar yang Meninggal Dunia, Jadi Hari Berkabung Nasional India

Selama beberapa minggu kemudian, kondisi Lata Mangeshkar sempat membaik. Namun pada hari Sabtu, pihak rumah sakit mengatakan bahwa Lata Mangeshkar harus memakai alat bantu pernapasan setelah kesehatannya drop.

Lata Mangeshkar dimakamkan dengan penghormatan negara pada Minggu malam. Beberapa pejabat tinggi termasuk Perdana Menteri Narendra Modi, Shah Rukh Khan, Sachin Tendulkar, Aamir Khan, Ranbir Kapoor, Shraddha Kapoor, Vidya Balan dan lainnya menghadiri pemakaman di Taman Shivaji Mumbai.

Intip di bawah ini beberapa fakta Lata Mangeshkar yang dijuluki Queen of Melody dan Nightingale of India yang sudah memukau dengan prestasinya yang luar biasa. Simak ulasannya.

1. Sempat Menerima Penolakan di Awal Karier

Lata Mangeshkar [Instagram]
Lata Mangeshkar [Instagram]

Ketika Lata Mangeshkar memasuki industri film sebagai penyanyi playback, dia sempat ditolak karena di era itu penyanyi seperti Noor Jehan dan Shamshad Begum berkuasa dengan suara sengau mereka yang berat. Suara Lata dinilai terlalu tipis untuk saat itu.

Baca Juga: Penyanyi Legendaris India Lata Mangeshkar Meninggal Dunia akibat Covid-19 di Usia 92

Lata sempat berakting di lebih dari delapan film dari 1942-1948 karena kematian ayahnya yang meninggal pada 1942 membuat Lata harus mengurus keluarganya. Dia lalu memulai debutnya dengan merekam lagu pertamanya untuk film Marathi Kiti Hasaal (1942), namun lagu tersebut diedit dari potongan akhir film tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait