facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gempa Banten Magnitudo 5,4 di Bayah, BPBD Lebak Imbau Warga Jangan Percaya Hoax

Hairul Alwan Senin, 17 Januari 2022 | 10:50 WIB

Gempa Banten Magnitudo 5,4 di Bayah, BPBD Lebak Imbau Warga Jangan Percaya Hoax
Gempa Bayah, Lebak, Banten, Senin (17/1/2022) [@bmkg_bogor]

Plt BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan, BPBD Lebak juga mengantisipasi kepada masyarakat agar tidak termakan informasi palsu atau kabar hoax.

SuaraBanten.id - Gempa Banten berkekuatan magnitudo 5,4 terjadi di Bayah, Kabupaten Lebak Banten, Senin (17/1/2022). Berdasarkan informasi BMKG, Banten diguncang gempa, Senin (17/1/2022) sekira pukul 07.25 WIB.

Plt BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan, BPBD Lebak juga mengantisipasi kepada masyarakat agar tidak termakan informasi palsu atau kabar hoax.

"Biasanya kan abis gempa itu banyak kabar hoax, nah kami himbau masyarakat jangan mudah percaya, harus terus memantau saluran resmi pemerintah, seperti BMKG dan BPBD," ucapnya seraya berpesan pada masyarakat.

Febby mengungkapkan, gempa bumi yang terjadi berpusat di 7.60 Lintang Selatan dan 105.90 Bujur Timur atau sekitar 84 Km Barat Daya, Bayah, Kabupaten Lebak. Beruntung, dalam Insiden gempa bumi itu tidak ada korban jiwa maupun kerusakan bangunan.

Baca Juga: Gempa Bayah Banten Magnitudo 5,4 Terasa Hingga Jabodetabek

"Alhamdulillah, tidak ada kerusakan, temen-temen dilapangan sudah mencoba mendata ke lapangan sudah 2 jam sejak gempa belum mendapatkan laporan kerusakan ataupun korban jiwa," ungkap Febby saat dikonfirmasi Suara.com, Senin (17/1/2022).

Labih lanjut, pihaknya juga memastikan, gempa bumi dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. Namun, dikatakan Febby, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati.

Gempa yang berpusat di Bayah itu juga dapat dirasakan di sejumlah wilayah sekitar Banten. Pihaknya mencatat, gempa dirasakan di wilayah Cikembar dengan skala II-III MMI.

Kemudian gempa juga dirasakan di wilayah Cireunghas dengan skala II-III MMI, Sukabumi II-III MMI, Pelabuhanratu II-III MMI, Sumur II-III MMI, dan Bogor II-III MMI.

"Yang paling penting, masyarakat jangan panik tetep waspada dan siaga. Masyarakat sebetulnya sudah paham kalo ada gempa harus keluar rumah, kalo lagi di mobil berhenti," jelasnya.

Baca Juga: Gempa Bayah Banten Hari Ini, di Mana Ibu Kota Provinsi Banten?

Kontributor : Firasat Nikmatullah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait