alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Marak Pinjaman Online Ilegal, Ini 4 Cara Mengetahui Pinjol Terdaftar di OJK

Hairul Alwan Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Marak Pinjaman Online Ilegal, Ini 4 Cara Mengetahui Pinjol Terdaftar di OJK
Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis (kedua kanan) menginterogasi pegawai PT Ant Information Consulting (AIC) saat penggerebekan kantor pinjaman online ilegal di Kelapa Gading, Jakarta, Senin (18/10/2021). [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga]

Untuk menghindari terjerumus pinjam uang dari Pinjol Ilegal, kita bisa melakukan pengecekan apakah pinjol yang akan kita gunakan terdaftar di OJK.

SuaraBanten.id - Pinjeman Online atau Pinjol ilegal belakangan marak ditemui dan banyak menjerat masyarakat dengan tipu daya dan bunga selangit.

Untuk menghindari terjerumus pinjam uang dari Pinjol Ilegal, kita bisa melakukan pengecekan apakah pinjol yang akan kita gunakan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Belakangan kasus warga terjerat pinjol ilegal semakin marak. Para pengelola pinjol ilegal kerap kali memberi tekanan hingga teror korban saat menagih pinjaman hingga bunga yang mencekik.

Karenan itu, Satgas Waspada Investasi (SWI) dari OJK berpesan agar masyarakat berhati-hati dan waspada terkait penawaran pinjol. Salah satunya, dengan mengetahui pinjol mana yang legal dan pinjol mana yang ilegal.

Baca Juga: Begini Cara Pinjol Ilegal yang Ditangkap di Yogyakarta Kelabui OJK

Agar masyarakat mengetahui apakah pinjol yang digunakan ilegal atau tidak, OJK terus mengedukasi masyarat. Ada beberapa cara untuk mengetahui pinjol terdaftar di OJK.

Ini karena setiap penyelenggara fintech lending atau pinjol di Indonesia, wajib terdaftar di OJK. Sehingga, penting agar masyarakat memastikan legalitas penyedia pinjaman online legal agar tidak terjebak pinjol ilegal.

Berikut ini 4 cara mengetahui pinjol terdaftar di OJK atau cara mengetahui pinjol ilegal atau legal:

1. Website OJK
Cara mengecek pinjol legal yang terdaftar melalui laman OJK:

Akses laman OJK di alamat www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx
Di laman tersebut, terdapat daftar perusahaan pinjol legal yang terdaftar yang bisa diunduh

Baca Juga: Polda Sumut Dalami 7 Laporan Kasus Pinjol, OJK Bilang Begini

2. WhatsApp OJK
Cara mengetahui pinjol terdaftar di OJK bisa melalui WhatsApp (WA) resmi OJK. Berikut caranya:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait