alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksin Pfizer Untuk Siapa? Begini Syarat Penerimanya

Hairul Alwan Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:10 WIB

Vaksin Pfizer Untuk Siapa? Begini Syarat Penerimanya
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin Pfizer untuk disuntikkan ke seorang warga di Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta, Senin (23/8/2021). [ANTARA FOTO/Reno Esnir]

Muncul pertanyaan apakah masyarakat umum boleh mendapatkan vaksin Pfizer?.

SuaraBanten.id - Pemerintah Indonesia telah menerima sebanyak 1.560.780 juta dosis vaksin Pfizer, Kamis (19/8/2021). Jumlah tersebut akan terus bertambah secara bertahap.

Lalu, sebenarnya vaksin Pfizer untuk siapa? Selain itu, muncul pertanyaan apakah masyarakat umum boleh mendapatkan vaksin Pfizer?.

Cara Kerja Vaksin Pfizer

Tak hanya di Indonesia, vaksin Pfizer ini telah digunakan oleh banyak negara, termasuk Amerika Serikat, yang dipercaya efektif untuk mengurangi penyebaran dari Covid-19. Vaksin Pfizer adalah jenis vaksin yang menggunakan metode mRNA.

Baca Juga: Bobby Nasution ke Pengelola Mal dan Restoran: Jangan Cek-cek Suhu Saja

Jenis vaksin covid-19 yang satu ini berfungsi untuk memberikan tubuh informasi genetik untuk menghasilkan protein virus atau bakteri, termasuk juga lonjakan protein yang terdapat pada permukaan SARS-CoV-2.

Protein ini kemudian akan memicu respons imun dan produksi antibodi spesifik, sehingga tubuh siap untuk melawan infeksi dari penyebab penyakit tersebut.

Vaksin Pfizer untuk Siapa?

Lantas, vaksin Pfizer untuk siapa? Vaksin Pfizer yang memiliki nama BNT162b2 adalah vaksin tipe mRNA produksi Pfizer, Inc. dan BioNTech. Vaksin Pfizer ini direkomendasikan untuk orang yang berusia 12 tahun ke atas.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berdasarkan data dari produsen, vaksin Pfizer atau BNT162b2 terbukti hingga 95 persen efektif terhadap Covid-19 dalam uji klinis skala besar.

Baca Juga: CEO Pfizer Prediksi Akan Muncul Virus Corona Varian Baru yang Kebal Vaksin

Efek Samping Vaksin Pfizer

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait