alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perbedaan Nabi dan Rasul, Sudahkah Anda Tau?

Hairul Alwan Kamis, 15 April 2021 | 17:38 WIB

Perbedaan Nabi dan Rasul, Sudahkah Anda Tau?
Ilustrasi kaligrafi nama Nabi Muhammad berbentuk hati. (Shutterstock)

Nabi dan Rasul memiliki beberapa perbedaan. Nabi tidak berarti Rasul dan Rasul sudah pasti adalah Nabi.

SuaraBanten.id - Nabi dan Rasul memiliki tugas dari Allah yakni menyampaikan pesan kepada umat-umatnya. Namun, istilah Nabi dan Rasul seringkali dianggap sama oleh banyak kalangan, padahal keduanya memilki perbedaan.

Seluruh umat muslim wajib hukumnya untuk meyakini bahwa Nabi dan Rasul benar adanya. Meski punya perbedaan, Nabi dan Rasul sudah barang tentu merupakan contoh bagi umat islam untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

Kemudian apakah perbedaan antara nabi dan rasul yang perlu kita ketahui? apakah Nabi sama dengan Rasul? 

Meski demikian banyak yang memahami bahwa Nabi dan Rasul adalah sama. Padahal Nabi dan Rasul memiliki beberapa perbedaan. Nabi tidak berarti Rasul dan Rasul sudah pasti adalah Nabi.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Maksud Hadist Tidur Orang Berpuasa adalah Ibadah

Pengertian

Secara etimologi, kata Nabi merupakan kata yang berasal dari naba yang berarti “dari tempat yang tinggi”. Dengan demikian pengertian Nabi adalah seorang manusia dan hamba Allah SWT yang diberikan kepercayaan berupa wahyu untuk dirinya sendiri. Wahyu yang diturunkan kepada Nabi tidak disampaikan kepada umatnya dan hanya diamalkan oleh dirinya sendiri.

Sementara itu, kata Rasul berasa dari kata risala yang berarti penyampaian. Rasul adalah seorang yang diberikan wahyu dari Allah SWT yang kemudian berkewajiban untuk diamalkan dan disampaikan kepada umatnya.

Jumlah Nabi dan Rasul dari berbagai pendapat yakni, Nabi sebanyak 124 ribu orang dan Rasul terdapat 312 orang.

Sementara itu ada 25 Nabi dan Rasul yang wajib dipercayai oleh seluruh umat muslim yakni: Adam AS, Idris AS, Nuh AS, Hud AS, Saleh AS, Ibrahim AS, Luth AS, Ismail AS, Ishak AS, Yaqub AS, Yusuf AS, Syu’aib AS, Ayyub AS, Dzulkifli AS, Musa AS, Harun AS, Daud AS, Sulaiman AS, Ilyas AS, Ilyasa’ AS, Yunus AS, Zakaria AS, Yahya AS, Isa AS, Muhammad SAW.

Baca Juga: Lirik Lagu Rindu Muhammadku Haddad Alwi, Lagu Religi Andalan untuk Anak

Perbedaan Nabi dan Rasul

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait