alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rute Menuju Kawasan Kesultanan Banten Lengkap dengan Perkiraan Ongkos

Pebriansyah Ariefana Senin, 15 Maret 2021 | 14:12 WIB

Rute Menuju Kawasan Kesultanan Banten Lengkap dengan Perkiraan Ongkos
Wisatawan berfoto dengan latar menara Masjid Agung Banten Lama, Jumat (25/12/20). (Suara.com/ Ahmad Haris)

Untuk menuju Banten Lama, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum berupa bus, kereta api maupun angkot.

SuaraBanten.id - Provinsi Banten mempunyai cukup banyak destinasi wisata budaya maupun bernilai sejarah. Salah satunya yakni Banten Lama atau Kawasan Kesultanan Banten (KKB) yang berlokasi di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten.

SuaraBanten.id- kali ini mengulas rute perjalanan menuju Banten Lama dari Jakarta. Untuk menuju Banten Lama, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum berupa bus, kereta api maupun angkot.

Via Kereta Api

Untuk menuju Kawasan Kesultanan Banten (KKB) pengunjung dari Jakarta bisa naik kereta api dari stasiun Tanah Abang atau dari stasiun manapun yang melayani rute menuju Stasiun Rangkas Bitung.

Baca Juga: Balap Liar di Banten Lama Berujung Maut, Hilang Kendali dan Masuk Sawah

Sesampainya di Stasiun Rangkas Bitung, pengunjung harus berganti kereta ke rute Rangkas Bitung-Merak dengan ongkos Rp3 ribu dan turun di Stasiun Karangantu. Dari Stasiun Karangantu, pengunjung bisa menaiki angkutan umum menuju Banten Lama dengan ongkos Rp3 ribu perorang.

Selain naik angkot, pengunjung juga bisa naik ojek dengan ongkos sekira Rp5-10 ribu untuk sampai kawasan wisata religi tersebut. Pengunjung juga bisa memesan taksi online untuk menuju kawasan Masjid Banten Lama, Menara Banten dan penziarahan itu.

Kawasan Banten Lama atau Situs Kesultanan Banten, Kota Serang. [Suara.com/Yandhi Deslatama]
Kawasan Banten Lama atau Situs Kesultanan Banten, Kota Serang. [Suara.com/Yandhi Deslatama]

Bahkan jika pengunjung datang saat waktu luang dan ingin menikmati pemandangan sekitar bisa juga berjalan kaki dengan jarak tempuh 3-4 kilometer dengan waktu tempuh sekira 30 menit.

Via Bus

Pengunjung bisa menaiki bus apapun menuju Terminal Pakupatan atau Terminal Serang. Dengan ongkos yang beragam sesuai dengan dari mana dan bus apa yang dinaiki. Sesampainya di Terminal Pakupatan, pengunjung harus melanjutkan perjalanan menggunakan angkot ke Pasar Lama atau Pasar Rau dengan tarif kurang lebih Rp5 ribu.

Baca Juga: Balap Liar Jalan Banten Lama: 2 Motor Hilang Kendali, 1 Nyawa Melayang


Dari Pasar Lama atau dari Pasar Rau, pengunjung harus naik angkot berwarna biru Jurusan Karangantu menuju Banten Lama. Sebetulnya tak ada angkot khusus menuju Banten Lama, namun angkot Jurusan Karangantu tersebut bisa mengantar penumpang jika meminta diantarkan ke Banten Lama dengan ongkos Rp5 ribu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait