alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Curah Hujan Tinggi, Tanggul Longsor di Tangerang, Mobil Berat Bisa Amblas

RR Ukirsari Manggalani Kamis, 18 Februari 2021 | 09:15 WIB

Curah Hujan Tinggi, Tanggul Longsor di Tangerang, Mobil Berat Bisa Amblas
Tanggul longsor di Tangerang [BantenNews.co.id].

Warga Tangerang mengkhawatirkan bakal terjadi mobil amblas bila melewati kawasan itu.

SuaraBanten.id - Kemarin, Rabu (17/2/2021), telah terjadi longsor di jalan utama Kampung Kandang Genteng, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang.

Dikutip dari BantenNews.co.id, jaringan SuaraBanten.id, kondisi bahu jalan dekat turap atau tanggul aliran sungai Cisadane terpantau turun serta tampak retakan di aspal jalan. Lokasinya tidak jauh dari aktivitas peternakan sapi PT Tanjung Unggul Mandiri (TUM).

Idris Effendi, Kepala Desa Tanjung Burung mengatakan bahwa musibah longsor terjadi di bagian turap. Yang dibangun dari hasil swadaya masyakat setempat, kerja sama dengan PT TUM sekitar 10 tahun lalu.

Menurunya, penyebab longsor adalah faktor intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir. Debit air meningkat dan turap tidak kuat menahan beban air.

"Kemungkinan besar karena sudah lapuk pemeliharannya, maka terjadi longsor seperti ini," jelas Idris Effendi seperti dipaparkan kepada BantenNews.co.id.

Ia berharap bahwa pihak terkait seperti Balai Besar Ciliwung-Cisadane dapat segera menindaklanjuti agar tidak terjadi longsor kembali. Apalagi berpotensi menimbulkan dampak pada jalan desa.

"Bila tidak segera ditangani, kemungkinan jalan desa terputus," jelasnya.

Arif, seorang warga setempat menyatakan bahwa peristiwa longsor akan berdampak terhadap aktivitas mobil berat yang lewat di jalan utama desa.

"Banyak mobil besar lewat untuk angkut sapi ke pabrik peternakan sapi, takutnya longsor karena tidak kuat," tukasnya.

"Semoga segera diperbaiki pemerintah," kata Arif tentang respon pemerintah dalam perbaikan turap dan jalan utama desa.

Komentar

Berita Terkait