alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Benda Terkotor yang Sering Dipakai Sehari-hari, Sarang Bakteri Jahat

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Senin, 28 Desember 2020 | 15:33 WIB

5 Benda Terkotor yang Sering Dipakai Sehari-hari, Sarang Bakteri Jahat
Ilustrasi mencuci piring. (Shutterstock)

Walau kelihatannya bersih, beberapa benda yang digunakan sehari-hari bisa mengandung berbagai kuman dan bakteri.

SuaraBanten.id - Barang-barang yang biasa dipakai dalam kegiatan sehari-hari dapat mengandung bakteri dan kuman. Kalau tidak berhati-hati atau tak sering cuci tangan, itu bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Melansir dari WebMD, berikut beberapa benda sehari-sehari terkotor yang bisa mentransfer bakteri. Apa saja?

1. Telepon selular

Ponsel dibawa ke mana pun Anda pergi, bahkan ketika ke kamar mandi. Hal ini yang membuat ponsel bisa 10 kali lebih kotor daripada dudukan toilet. Sangat memungkinkan ada bakteri E. coli di ponsel Anda.

Baca Juga: Peneliti Temukan 'Dunia Tersembunyi' Bakteri di Sketsa Leonardo da Vinci

Bakteri itu merupakan bakteri yang membuat diare dan kram perut. E. coli bisa hidup berjam-jam di permukaan yang hangat seperti ponsel Anda. 

2. Remote

Mulai dari remote televisi hingga AC bisa jadi tempat yang nyaman untuk berkembangnya jamur dan bakteri. Jadi, Anda perlu sering-sering membersihkannya dengan tisu antibakteri.

3. Keyboard Komputer atau Laptop

Keyboard komputer kerapdisentuh oleh tangan. Oleh karena itu tak mengherankan keyboard bisa menjadi salah satu benda terjorok. Untuk membersihkannya, Anda perlu goyangkan keyboard Anda untuk menghilangkan remah-remah di sela-sela tombol. Gunakan alkohol dan kapas untuk membersihkan tombol.

Baca Juga: Studi Ungkap Jumlah Bakteri yang Ada di Jenggot, Seberapa Banyak?

4. Sponge Cuci Piring

Sponge cuci piring yang basah, menyerap, dan kerap berinteraksi dengan alat kotor tentu sudah bisa diprediksi jadi barang terjorok. Anda lebih baik sering-sering menggantinya terutama saat terasa bau.

Ilustrasi uang (shutterstock)
Ilustrasi uang (shutterstock)

5. Uang

Para peneliti menemukan bahwa sebagian besar uang tunaimengandung 3.000 jenis bakteri. Hal ini karena uang akan selalu berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait