alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wilayahnya Rawan Terdampak La Nina, Begini Persiapan Pemkab Lebak

M Nurhadi Senin, 26 Oktober 2020 | 06:24 WIB

Wilayahnya Rawan Terdampak La Nina, Begini Persiapan Pemkab Lebak
Longsor Lebak (Bantennews)

Dan mari kita jaga lingkungan sekitar agar tidak terjadi banjir pada musim penghujan tiba, ucap Bupati.

SuaraBanten.id - Kabupaten Lebak diperkirakan akan mulai memasuki musim hujan pada awal hingga akhir Oktober 2020.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, musim penghujan kali ini diprediksi akan meningkat hingga 40% dari biasanya karena fenomena alam La Nina.

Guna megantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkab Lebak terus melakukan persiapan guna menanggulangi bencana.

Dalam Apel yang turut dihadiri berbagai pihak, Bupati menyampaikan meski pada saat ini sering terjadi gempa di wilayah Lebak Selatan, namun pihaknya berharap tidak terjadi bencana alam di Kabupaten Lebak.

“Dan mari kita jaga lingkungan sekitar agar tidak terjadi banjir pada musim penghujan tiba,” ucap Bupati melalui siaran tertulis, Jumat (23/10/2020).

Setelah Apel, Kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi bersama Forum Koordonasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lebak terkait kesiapsiagaan penanggulangan becana.

Bupati juga menyampaikan bahwa sinergitas seluruh elemen dalam upaya pencegahan bencana ini sangat penting, dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, selokan atau drainase.

Ia juga memberi instruksi kepada para camat dan Kepala Desa agar mengaktifkan sistem siaga bencana di wilayah masing-masing melalui piket kesiapsiagaan bencana.

Ditemui terpisah, Komandan Kodim (Dandim) 0603/Lebak Letnan Kolonel Inf. Nur Wahyudi mengatakan, TNI/Polri siap membantu dan mendukung dalam penanggulangan bencana.

Bahkan Komando Distrik Militer (Kodim) sudah membentuk tim penanggulangan bencana, diantaranya tim sosialisasi, tim penyebarluasan informasi, dll.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait