Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pendangkalan Muara Sungai Cibungur Berpotensi Jadi Banjir, Warga Resah

M Nurhadi Jum'at, 18 September 2020 | 11:11 WIB

Pendangkalan Muara Sungai Cibungur Berpotensi Jadi Banjir, Warga Resah
Kondisi muara sungai Cibungur, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Jumat (18/9/2020) [Ist]

Dulu pernah banjir di sini, karena muara sungai mengalami pendangkalan. Jika ini terus dibiarkan kami khawatir kembali terjadi banjir, ucap Lutpi.

SuaraBanten.id - Pendangkalan di muara Sungai Cibungur, Desa Cibungur, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang kian memprihatinkan. Warga sekitar mengaku was-was hal itu menyebabkan banjir saat musim hujan.

Salah seorang warga, Lutpi Miftahul Qolbi mengatakan, muara sungai Cibungur sudah lama dibiarkan mengalami pendangkalan. Sejak 2017, beberapa kali rumah di sekitar muara sungai terendam banjir akibat pendangkalan tersebut.

“Dulu pernah banjir di sini, karena muara sungai mengalami pendangkalan. Jika ini terus dibiarkan kami khawatir kembali terjadi banjir,” ucap Lutpi, Jumat (18/9/2020).

Ia berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten segera melakukan normalisasi sungai agar warga tak merasa khawatir terjadi banjir dan perahu nelayan dapat kembali menambatkan jangkar.

“Harapan kami ya ingin ada normalisasi sungai, supaya tidak ada banjir. Inikan dulu di sini banyak perahu nelayan yang berlabuh jangkar,” ujarnya melansir Bantenhits (jaringan Suara.com).

Sementara Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Pandeglang, Muhadi mengatakan, sungai tersebut berada dalam kewenangan Pemprov Banten. Ia menuturkan, Dinas PUPR juga belum mengusulkan normalisasi.

“Belum diusulkan, tapi nanti kita survei dulu kesana. Yang diusulkan oleh kami ke Provinsi baru sungai di Kecamatan Sumur dan Cibaliung,” katanya.

Ia meminta Pemprov Banten dapat merealisasi semua usulan normalisasi sungai yang ada di Kabupaten Pandeglang. Mengingat, sebagian wilayah Kota Badak ini kerap dilanda banjir.

“Kita berharap sungai-sungai yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang bisa tertangani semuanya, terutama yang sudah terjadi pendangkalan karena menjadi salah satu penyebab banjir tahunan,” pungkas Muhadi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait