Indeks Terpopuler News Lifestyle

Seorang Bidan Positif COVID-19, Seluruh Puskesmas Jayanti Tes Usap

RR Ukirsari Manggalani Sabtu, 12 September 2020 | 10:25 WIB

Seorang Bidan Positif COVID-19, Seluruh Puskesmas Jayanti Tes Usap
Ilustrasi tes swab [Unsplash/UN Covid-19].

Puskesmas Jayanti gelar tes swab untuk semua pegawainya, termasuk sekuriti.

SuaraBanten.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menggelar test swab terhadap seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Jayanti, Sabtu (12/9/2020).

Tes swab yang dilakukan ini menyusul adanya seorang orang bidan bertugas di Puskesmas Jayanti terkonfirmasi positif virus Corona jenis baru.

"Satu orang bidan di Puskesmas Jayanti positif COVID-19. Hari ini kami lakukan tes swab kepada semuanya," ujar Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19, Hendra Tarmidzi saat dikonfirmasi Suara.com, Sabtu (12/9/2020).

Ia menuturkan, test swab terhadap seluruh tenaga kesehatan bertujuan sebagai upaya tracing penularan di Puskesmas Jayanti.

"Tidak hanya tenaga kesehatan termasuk dokter, tapi juga satpam di Puskesmas Jayanti akan test swab. Totalnya lebih dari 50-an (pegawai)," tukasnya.

Hendra Tarmidzi mengungkapkan, seorang bidan yang positif virus Corona jenis baru ini tertular dari lingkungan keluarganya. Hal itu diketahui setelah salah seorang keluarganya sakit.

"Keluarganya sakit, kemudian dia juga ikut sakit dan dilakukan test hasilnya positif. Karena itu dia tertular di keluarganya," jelasnya.

"Saat ini yang bersangkutan sedang mengisolasi diri di salah satu rumah sakit," lanjutnya.

Sementara itu, pelayanan kesehatan di Puskesmas Jayanti terpaksa harus ditutup. Dan pelayanan dialihkan ke Puskesmas Cisoka.

Kepala Puskesmas Jayanti, Dr Sulastri membenarkan pelayanan kesehatan dipindahkan di Puskesmas Cisoka lantaran seorang bidan mendapatkan status positif COVID-19 tadi.

"Puskesmas Jayanti ditutup sementara waktu sampai waktu yang belum ditentukan. Untuk pelayanan dan perawatan pasien dialihkan puskesmas Cisoka," ungkapnya.

Kontributor : Ridsha Vimanda Nasution

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait