Lebaran di Tengah Pandemi, Suasana Idul Fitri di Tangsel Tampak Sepi

Bangun Santoso | Arief Apriadi
Lebaran di Tengah Pandemi, Suasana Idul Fitri di Tangsel Tampak Sepi
Suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri terlihat sepi di kawasan Pondok Cabe Illir, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (24/5/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

Kawasan Jalan Talas IV Pondok Cabe Ilir yang biasa ramai setiap lebaran tiba kini tak terlihat sibuk

SuaraBanten.id - Suasana jalan di kawasan Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan, Banten terlihat sepi kendati hari Raya Idul Fitri 1441 H tengah berlangsung, Minggu (24/5/2020). Di tengah pandemi virus corona, jalan yang biasanya dihiasi warga untuk halal bihalal atau silaturahmi nampak lengang.

Dari pantauan Suara.com, kawasan Jalan Talas IV Pondok Cabe Ilir tak terlihat sibuk. Sebagian besar warga memilih berada di dalam rumah, alih-alih menjalankan tradisi halal bihalal yang biasanya cukup semarak tiap tahunnya.

Kendati proses halal bihalal tak berhenti sepenuhnya, jumlah orang yang aktif seusai menggelar shalat Idul Fitri--kawasan Pondok Cabe memutuskan tetap menggelar salat berjamaah--terpantau jauh lebih sedikit. Pukul 09.30 WIB, jalanan lebih banyak dihiasi kendaraan bermotor yang lalu lalang.

Perbedaan drastis suasana lebaran di kawasan Pondok Cabe Ilir turut diamini oleh Yani, salah seorang warga. Meski banyak penduduk yang urung pulang kampung, suasana desanya tidak berubah jadi semarak.

"Saat malam takbiran juga sudah kelihatan, nggak seramai tahun-tahun sebelumnya. Orang mungkin sungkan ke luar karena adanya virus (Corona) ini," ujar Yani kepada Suara.com, Minggu (24/5/2020).

Baca Juga: Hari Raya Idul Fitri, Hati-hati Daging Ayam Juga Tingkatkan Kolesterol!

"Tapi ya saya sih nikmati saja. Toh saat ngumpul sama keluarga juga suasana kan gak jauh beda. Yang penting bisa bareng keluarga saja," tambahnya.

Merujuk data pantauan Covid-19 Tangerang Selatan, lewat laman https://lawancovid19.tangerangselatankota.go.id, kota yang terbentuk pada 2008 itu telah mencatatkan 215 kasus positif di mana jumlah kematian menembus angka 24 orang.

Sebelumnya, Walikota Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menegaskan bahwa pihaknya melarang seluruh kegiatan yang mengumpulkan orang banyak termasuk sholat Ied.

Baca Juga: Beginilah Suasana Malam Idul Fitri di Jakarta

Meski begitu, dirinya enggan mengungkapkan secara jelas apa sanksi dari pelanggaran PSBB Kota Tangerang Selatan yang dikatakan bakal berlangsung hingga akhir Mei 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS