Waspada Virus Corona, 20 Warga Tangerang Dipantau Pemkot

Chandra Iswinarno
Waspada Virus Corona, 20 Warga Tangerang Dipantau Pemkot
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (Suara.com/Iqbal)

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah telah meminta seluruh rumah sakit yang berada di wilayahnya untuk menyediakan ruang isolasi dan juga peralatan medis.

SuaraBanten.id - Pemkot Tangerang memantau 20 orang yang berada di wilayahnya, setelah dikabarkan bahwa warga tersebut baru kembali dari negara yang terjangkit Virus Corona, yakni Korea Selatan, Taiwan dan China.

Meski begitu, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menyatakan 20 warganya tersebut masih dinyatakan negatif Virus Corona.

"Alhamdulillah sekarang masih negatif," kata dia seperti diberitakan Bantenhits.com-jaringan Suara.com pada Selasa (3/3/2020).

Meski begitu, Arief telah meminta seluruh rumah sakit yang berada di wilayahnya untuk menyediakan ruang isolasi dan juga peralatan medis.

“Kami dari kemarin terus melakukan koordinasi dan baru saja Dinas Kesehatan mengumpulkan seluruh rumah sakit dan Puskesmas dan semua fasilitas kesehatan di Kota Tangerang akan dicek kesiapsiagaannya,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang telah meminta puskesmas dan rumah sakit yang berada di wilayah tersebut untuk melakukan pemantauan dan mencermati setiap pasien yang yang memiliki gejala demam, batuk dan sesak nafas.

Tak hanya itu, rumah sakit juga diminta memperketat pengamatan dan melakukan koordinasi dengan Dinkes Kota Tangerang jika menemukan pasien dengan gejala klinis seperti itu.

Langkah tersebut diperkuat dalam Surat Edaran Dinas Kesehatan Kota Tangerang Nomor 443/284/P2P/DINKES/2020 Tentang Kewaspadaan Terhadap Corona Virus Deaseas (Covid-19) yang diterbitkan pada Senin (2/3/2020) dan ditandatangani Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi.

"Puskesmas agar meningkatkan surveilans secara intensif terhadap setiap orang yang dalam status pemantauan. Galang koordinasi semua lintas program dan lintas sektor."

Dinkes juga meminta seluruh camat dan lurah di Kota Tangerang membantu puskesmas dan rumah sakit dalam memberikan edukasi kepada warga mengenai pencegahan Covid-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS