Eks Bintang Timnas Vietnam sebut Timnas Indonesia Selalu Jadi Kekuatan di Asia Tenggara, Ini Alasannya

Tim asuhan Shin Tae-yong kini sedang menjadi sorotan lantaran berhasil menang di dua laga menghadapi Curacao.

Hairul Alwan
Kamis, 29 September 2022 | 10:03 WIB
Eks Bintang Timnas Vietnam sebut Timnas Indonesia Selalu Jadi Kekuatan di Asia Tenggara, Ini Alasannya
Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott melakukan sundulan dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. [PSSI]

SuaraBanten.id - Eks pemain Timnas Vietnam, Nguyen Manh Dung, mengakui bahwa Indonesia merupakan salah satu kekuatan terbesar di Asia Tenggara. Ia menilai Timnas Indonesia sudah kuat, bahkan sebelum dilatih Shin Tae-yong.

Tim asuhan Shin Tae-yong kini sedang menjadi sorotan lantaran berhasil menang di dua laga menghadapi Curacao. Karena prestasi tersebut, Shin Tae-yong dielu-elukan lantaran mampu memberikan progres positif bagi skuad Garuda.

Kesuksesan juru taktik asal Korea Selatan ini membuat PSSI ingin segera memperpanjang kontraknya. Namun, pelatih asal Korea Selatan ini mengaku masih belum melakukan pembicaraan lebih lanjut.

"Jujur saya belum pernah duduk bersama PSSI soal perpanjangan kontrak saya. Karena kontrak saya masih berlaku hingga Desember tahun depan, ini bukan masalah yang saya pikirkan," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:Terpopuler: Aksi Romantis Witan Sulaeman dan Istri Rayakan Kemenangan Timnas, Heboh Anggaran DPRD Kota Bekasi

Menanggapi hal tersebut, mantan pemain Vietnam Nguyen Manh Dung menyebut Shin Tae-yong bukanlah sosok yang spesial bagi skuad Garuda.

Menurutnya, timnas Indonesia sebetulnya sudah baik sebelum dilatih Shin Tae-yong. Hanya saja memang prestasinya tidak terlihat karena bukan ditangani oleh pelatih hebat.

"Sebelum pak Shin, timnas Indonesia sangat kompetitif. Tapi mungkin saat itu mereka tidak dipimpin oleh pelatih yang hebat, sehingga prestasi mereka terkadang tidak terlihat jelas," ucap Manh Dung dikutip dari Soha.vn, Rabu (28/9/2022).

"Indonesia selalu menjadi kekuatan dalam sepak bola Asia Tengara. Jadi kalau Indonesia ingin mempertahankan pak Shin, keahliannya hanya diperlukan sebagaian, dan citra (nama besar) adalah kuncinya," imbuhnya.

Meski demikian, kehadiran Shin Tae-yong tidak dipungkiri menambah efek positif untuk timnas Indonesia. Sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan itu, skuad Garuda mampu berbicara banyak di level Asia.

Baca Juga:Vietnam Dihantam Topan Noru, Warga Dilarang Keluar Rumah hingga Sekolah Ditutup

Timnas Indonesia meraih runner up di Piala AFF 2020 lalu. Bahkan Shin Tae-yong berhasil mengantarkan tim Merah Putih lolos ke Piala Asia 2023.

News

Terkini

Fitron menganggap kasus pemalsuan tanda tangan yang dilakukan N bisa diselesaikan secara retorative jaustice.

News | 09:05 WIB

Bintang Emon menyindir sistem tes praktik naik motor untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang terkenal sulit.

News | 08:46 WIB

Dalam prakiraan cuaca hari ini warga diimbau untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah Banten.

News | 08:05 WIB

Beberapa teman dan rekan Erina Gudono maupun Kaesang Pangarep bahkan dikabarkan mendapat undangan pernikahan dalam bentu digital. Mau tahu fakta di baliknya?

News | 08:00 WIB

Amanda Manopo dibilang kelewat seksi lantaran belahan dada pada gaun Amanda Manopo terlalu rendah sehingga dinilai tidak sopan untuk menghadiri pernikahan.

News | 07:25 WIB

Setelah pertandingan beralangsung dengan duel ketat Spanyol dan Jerman, laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

News | 07:14 WIB

Kiky Saputri berhasil membuat Najwa Shihab terkejut saat melihat kaos yang dikenakan bertuliskan kata-kata yang di luar dugaan.

News | 07:05 WIB

Peristiwa helikopter hilang tersebut pada Minggu (27/11/2022) siang, kini dalam pencarian Polri.

News | 20:48 WIB

Bayi R terpaksa ikut sang ibu tinggal di Rutan Pandeglang karena memiliki penyakit jantung bawaan sejak lahir sehingga tidak bisa dipisahkan dengan sang ibu.

News | 20:17 WIB

Semua kegaduhan itu berawal dari unggahan Wirda Mansur di TikTok. Putri sulung Yusuf Mansur itu terlihat tengah mencoba filter suara Wulan yang hits di TikTok.

News | 16:54 WIB

Sedangkan, siswa yang wafat didominasi jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) sebanyak 34 jiwa. PAUD lima jiwa, PKBM dua jiwa dan SMP satu jiwa.

News | 14:27 WIB

Lebih lanjut Dedi mengatakan korban laka lantas dalam minggu ke-3 bulan November.

News | 13:19 WIB

Sebelumnya, Fuji bernostalgia dengan sederet potret masa SMA. Dalam sebuah foto, Fuji yang tidak berhijab saat SMA lantas ditanya mengenai reaksi guru di sekolahnya.

News | 11:08 WIB

Pada saat datang ke rumah korban, pelaku mencoba motor Honda CRF hitam milik korban.

News | 10:45 WIB

BMKG juga mengimbau masyarakat dan bidang pelayaran untuk memperhatikan peringatan gelombang hingga 2,5 meter di sejumlah area perairan di Indonesia

News | 09:22 WIB
Tampilkan lebih banyak