facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Forum Soekarnois dan Komunitas Sejarawan Gelar Napak Tilas Jejak Bung Karno

Hairul Alwan Minggu, 26 Juni 2022 | 09:45 WIB

Forum Soekarnois dan Komunitas Sejarawan Gelar Napak Tilas Jejak Bung Karno
Forum Soekarnois bersama komunitas sejarawan melakukan napak tilas perjalanan Bung Karno di sejumlah lokasi. [Bantennews/IST]

Napak tilak dimulai dari Tugu Proklamasi, Pegangsaan, Jakarta Pusat, hingga Bendungan Pamarayan, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Sabtu (25/6/2022) kemarin.

SuaraBanten.id - Menelursuri jejak Presiden pertama di Indonesia Soekarno alias Bung Karno, Forum Soekarnois dan Komunitas Sejarawan melakukan napak tilas Bung Karno ke sejumlah lokasi.

Salah satu lokasi yang di napak tilasi yakni perjalanan Soekarno ke Banten. Napak tilak dimulai dari Tugu Proklamasi, Pegangsaan, Jakarta Pusat, hingga Bendungan Pamarayan, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Sabtu (25/6/2022) kemarin.

Panitia kegiatan tersebut, Wiastuti mengatakan, napak tilas dilakukan untuk memperingati Bulan Inspirasi Bung Karno.

Peserta napak tilas merupakan orang-orang yang mencintai sosok Bung Karno, yang terdiri dari Badan Kebudayaan mahasiswa, serta pelajar SMA dan SMP.

Baca Juga: Terpopuler: Mantan Wali Kota Cilegon Bongkar Data Kelurahan Titipan, Potret Jadul Lesti Kejora Plek Ketiplek Baby Leslar

“Jadi kita semua di sini bersatu untuk merayakan atau memperingati Bulan Bung Karno,” ujar Ayesha, Pelajar SMPN 268 Jakarta Timur, yang menjadi salah satu peserta napak tilas.

Setelah napak tilas di Bendungan Pamarayan, Ayesha mengaku terkesan dengan bangunan lama peninggalan Kolonial Belanda. Menurut Ayesha, bangunan yang menjadi lokasi Bung Karno berorasi di hadapan ribuan warga Banten itu sangat berkesan dan bangga sebagai orang Indonesia.

Ayesha mengaku banyak mendapatkan pengetahuan baru dari kegiatan tersebut. Kata dia, perjalanan itu membuatnya mempelajari hal-hal baru.

“Kita menambah pelajaran baru sih dari napak tilas ini, jadi pegetahuan kita bertambah juga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan napak tilas yang dilakukan Forum Soekarnois dan komunitas sejarawan itu dimulai dari Tugu Proklamasi sebagai lokasi bekas kediaman Soekarno sekaligus lokasi pembacaan proklamasi kemerdekaan.

Baca Juga: Jawab Tudingan Mantan Wali Kota Cilegon soal Lurah Titipan, Sanuji Pentamarta: Salahnya di Mana?

Setelah itu, mereka melakukan perjalanan menggunakan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Tanahabang hingga Stasiun Rangkasbitung. Saat itu, Bung Karno ke Banten menggunakan kereta api uap melalui rute tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait