facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ratusan Warga Baduy Sambangi Pendopo Bupati Lebak, Sampaikan Amanat Puun untuk Pemerintah

Hairul Alwan Jum'at, 06 Mei 2022 | 21:16 WIB

Ratusan Warga Baduy Sambangi Pendopo Bupati Lebak, Sampaikan Amanat Puun untuk Pemerintah
Sebanyak 190 warga Baduy mendatangi Pendopo Bupati Lebak, Jumat (6/5/2022) [Sandi/Bantennews.co.id]

warga suku Baduy itu untuk menyampaikan amanat atau wasiat dari Tetua Adat alias Puun dan menyerahkan hasil bumi yang didapat warga Baduy kepada Ibu Gede (Bupati).

SuaraBanten.id - Ratusan warga Baduy luar dan Baduy dalam sambangi Pendopo Bupati Lebak dalam rangka upacara Seba Baduy, yang digelar di Lebak, Banten, Jumat (6/5/2022).

Kedatangan sebanyak 190 warga suku Baduy itu untuk menyampaikan amanat atau wasiat dari Tetua Adat alias Puun dan menyerahkan hasil bumi yang didapat warga Baduy kepada Ibu Gede (Bupati).

Salah satu warga Baduy, Jaman mengaku ia bersama warga Baduy dalam lainnya berangkat dari Baduy dalam sekira pukul 05.00 WIB dengan berjalan kaki menuju Pendopo Bupati.

“Sebelum berangkat, tetua adat (Puun) menitipkan pesan atau wasiat kepada kami untuk diberikan kepada Ibu Gede (Bupati),” kata Jaman kepada awak media, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Sewakan Ban Pelampung dan Papan Selancar di Pantai Carita, Tiga Hari Diki Herdiansyah Kantongi Uang Lebih dari UMK

Sejumlah pesan wasiat tersebut yakni, terkait tanah ulayat dan lingkungan yang harus dijaga bersama. Hal tersebut dinilai sangat penting di tengah modernisasi dan pembangunan yang seringkali tak ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin mengatakan, jika warga Baduy yang ikut tradisi Seba Baduy masih dibatasi hanya 100 orang. Namun, sampai saat ini warga Baduy yang datang sudah mencapai 190 orang.

“Untuk jumlah pastinya nanti malam saat ritual Seba Baduy dilaksanakan di pendopo Bupati Lebak,” kata Imam.

Ia mengungkapkan, ritual Seba Baduy dilaksanakan setelah masyarakat Kanekes melakukan tradisi ritual Kawalu atau puasa dalam kalender Adat Baduy.

“Tahun ini, rangkaian Seba Baduy dilaksanakan selama tiga hari. Setelah warga Baduy dalam dan Baduy luar beristirahat di Pendopo Bupati Lebak, keesokan harinya mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Pendopo Gubernur Banten,” pungkasnyanya.

Baca Juga: Tradisi Seba Baduy, Beri Hasil Bumi dan Sampaikan Pesan ke Bupati Lebak dan Gubernur Banten

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait