facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Niat Puasa Syawal Serta Keutamannya

Hairul Alwan Jum'at, 06 Mei 2022 | 14:25 WIB

Bacaan Niat Puasa Syawal Serta Keutamannya
Keutamaan Puasa Syawal. (Pexels)

Ketika seorang menjalani puasa Syawal, Allah SWT akan memberikan pahala begitu besar seperti puasa satu tahun penuh.

SuaraBanten.id - Setelah Hari Raya Idul Fitri, umat muslim di sunahkan untuk menjalani Puasa Syawal. Seperti diketahui Puasa Syawal 6 hari menyimpan banyak keutamaan yang besar, tentunya umat muslim yang meninggalkannya akan merugi.

Ketika seorang menjalani puasa Syawal, Allah SWT akan memberikan pahala begitu besar seperti puasa satu tahun penuh. Untuk menjalaninya, anda tentu perlu membaca niat puasa Syawal terlebih dahulu.

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapat pahala seperti puasa setahun penuh.” (HR Muslim).

Puasa Syawal bisa dikerjakan selama 6 hari berturut-turut atau secara terpisah. Puasa tersebut juga bisa dikerjakan kapan pun sepanjang bulan Syawal kecuali pada hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Apa Saja Keutamaan Puasa Syawal? Hanya 6 Hari Puasa Tapi Pahalanya Setara Setahun Penuh

Untuk semua umat muslim diharuskan membaca niat puasa Syawal sebelum melaksanakan puasa. Meski niat dapat dilafalkan dalam hati, kamu juga wajib untuk mengetahui bacaan niat puasa Syawal yang dapat dibaca.

Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari

Berikut ini bacaan latin niat puasa Syawal yang dapat Anda baca:

“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillahi ta‘ala.”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Baca Juga: Apa Itu Lebaran Ketupat? Ini Asal-Usul Tradisi Setelah Lebaran Idul Fitri

Niat puasa Syawal ini bisa dibaca pada malam hari atau pagi hari sebelum melaksanakan puasa. Namun bagi orang yang mendadak di pagi hari ingin berpuasa Syawal, diperbolehkan untuk berniat puasa dengan catatan belum makan, minum maupun hal lain yang membatalkan puasa. Berikut bacaan niat yang dapat dibaca.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait