facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Ciri Ada Belatung di Dalam Badan Kamu, Heboh Video Viral Belatung

Pebriansyah Ariefana Selasa, 18 Januari 2022 | 12:36 WIB

5 Ciri Ada Belatung di Dalam Badan Kamu, Heboh Video Viral Belatung
Reaksi Warganet Terhadap Video Viral Belatung (TikTok)

Myiasis merupakan infestasi larva yaitu sebagai suatu kondisi di mana larva (belatung), makan dan berkembang di jaringan organisme hidup seperti manusia dan hewan.

SuaraBanten.id - Ciri-ciri ada belatung di dalam badan kamu. Sebab ada heboh video viral belatung di dalam vagina perempuan.

Dikutip dari AyoBandung, ada keadaan di mana larva atau belatung hidup di tubuh manusia sering disebut sebagai myiasis.

Myiasis merupakan infestasi larva yaitu sebagai suatu kondisi di mana larva (belatung), makan dan berkembang di jaringan organisme hidup seperti manusia dan hewan.

Berikut ciri ada belatung di tubuh Anda:

Baca Juga: Pejalan Kaki Umpat Para Pemotor Berhenti di Zebra Cross, Warganet Mendukung: Harusnya Pakai Toa

1. Myiasis yang Tidak Disengaja

Myiasis ini terjadi karena tidak sengaja menelan telur atau belatung hingga masuk ke dalam saluran pencernaan. Jika hal tersebut terjadi si penderita akan mengalami gejala umum seperti iritasi lokal, muntah, dan diare.

Tingkat oksigen yang rendah dalam usus biasanya akan membunuh belatung. Namun, beberapa diantara belatung itu dapat bertahan hidup secara utuh karena tahan terhadap enzim pencernaan.

2. Myiasis Kulit

Yaitu kondisi di mana belatung menembus kulit dan berekembang di jaringan bawah kulit. Kondisi ini mungkin merupakan bentuk myiasis yang paling umum diamati.

Baca Juga: Tiga Masukan Jaringan Perempuan Setelah DPR Sahkan RUU TPKS Menjadi RUU Inisiatif

Tempat hidup belatung pada tubuh manusia umumnya ada di punggung, dan kulit kepala. Dalam 24 jam, papula yang menyerupai gigitan serangga akan membengkang dan menjadi lesi seperti bisul dengan diameter berkisar antara 10 hingga 35 mm.

Ditengah bisul seringkali ada pori kecil (berdiameter 2-3 mm) yang memungkinkan larva bernafas. Orang yang terkena myiasis kulit ini mungkin akan merasakan seperti ada yang bergerak di dalam jaringan serta akan mengalami rasa sakit.

3. Myiasis Luka

Penyakit ini terjadi akibat dari pengendapan telur pada daging yang membusuk atau luka yang mengeluarkan nanah.

Jika myiasis ini terjadi belatung akan menyerang atau menginvasi tubuh selain tinggal di lapisan superfisial pada jaringan yang terbuka.

4. Myiasis Rongga Tubuh

Myiasis ini merupakan hasil dari infestasi belatung pada mata, saluran hidung, telinga atau mulut. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh D. hominis dan cacing ulir. Dan jika belatung menembus ke dasar otak , meningitis dan kematian bisa terjadi. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan karena invasi ke saraf optik.

5. Creeping Myiasis

Myiasis ini terjadi pada belatung parasit yang tidak dapat tumbuh di tubuh manusia. Manusia di sini hanya sebagai inang yang tak sengaja dimasuki oleh lalat yang termasuk ke dalam spesies Hypoderma.

Gejala utama orang yang terkenan myiasis ini adalah dia mengalami pembengkakan menyakitkan yang menjalar ke seluruh tubuh ketika si larva ini bermigrasi dan mencari tempat yang cocok perkembangannya.

Berikut ciri-ciri ada belatung di dalam tubuh.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait