alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sore Ini Banten Gempa, Begini Baca Doa Ketika Gempa

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 14 Januari 2022 | 19:08 WIB

Sore Ini Banten Gempa, Begini Baca Doa Ketika Gempa
Ilustrasi berdoa, keutamaan membaca sholawat Nabi (Freepik)

Sebab umat Islam perlu untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT dalam setiap saat termasuk saat terjadi bencana sekalipun.

SuaraBanten.id - Doa gempa atau doa ketika terjadi gempa. Anda bisa membaca doa gempa ini saat gempa bumi mengguncang daerahmu, seperti di Banten, sore ini.

Sebab umat Islam perlu untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT dalam setiap saat termasuk saat terjadi bencana sekalipun.

Muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari marabahaya salah satunya adalah gempa bumi dan tsunami.

Selain itu, berdoa juga sekaligus menjadi bentuk rasa peduli dan simpati kepada para korban gempa agar segera pulih dan kembali membaik.

Baca Juga: Kesaksian Warga Pandeglang Saat Diguncang Gempa Banten, Panik hingga Terjatuh dan Tiarap di Jalan

Amalkan doa ini untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT terhadap segala macam marabahaya yang dapat merenggut nyawa kita dan orang yang ada disekitar.

Semoga Allah SWT selalu melindungi kita dari segala macam musibah.

Berikut doa ketika terjadi gempa bumi:

“Allahumma inni as’aluka khoirohaa, wa khoiromaa fiiha wa khoiro maa arsalta bih, wa a’udzubika min syarriha wasyarri ma fiihaa wa syari maa arsalta bih”

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Baca Juga: Palembang Rasakan Gempa Banten, Warga dan Pegawai Berlarian Keluar Gedung

Selain memanjatkan doa meminta kesalamatan diri, kita juga harus mendoakan orang yang ada di sekitar yang terkena dampak dari gempa bumi. Berikut adalah doa Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha".

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik”.

Demikian bacaan doa ketika terjadi gempa bumi seperti di Banten.

(Muhammad Zuhdi Hidayat)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait