facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

DPD RI Dorong Banten Jadi Kawasan Industri Halal

Andi Ahmad S Minggu, 05 Desember 2021 | 13:49 WIB

DPD RI Dorong Banten Jadi Kawasan Industri Halal
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. [SuaraJakarta.id/Wivy Hikmatullah]

Kedatangan mereka turut disambut Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy

SuaraBanten.id - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin beserta rombongan berkunjung ke Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang.

Kedatangan mereka turut disambut Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Kunjungan Najamudin dan rombongan membahas terkait percepatan pembangunan kawasan industri halal di Provinsi Banten.

“Saya mewakili Pemprov Banten mengapresiasi dorongan teman-teman di DPD yang menginginkan agar ada percepatan terkait pembangunan kawasan industri halal di Provinsi Banten,” kata Andika.

Sebelumnya dalam pertemuan tersebut, turut bersama Najamudin di antaranya Zuhri M Syazali (Babel), Edwin Pratama Putra (Riau), Dharma Setiawan (Kepri), Matheus Stefi Pasimanjeku (Maluku Utara), dan Asyera RA Wunda Lero (NTT).

Baca Juga: Tangerang Kini Jadi Incaran Pengembangan Properti Mewah

Andika menerangkan, dorongan DPD tersebut mengingat Banten secara historis merupakan kawasan dagang yang sangat maju di zamannya. Letaknya strategis di selat Sunda dan erat kaitannya dengan jalur dagang kawasan Sumatra bahkan hingga ke Asia dan Eropa.

Selain menjadi kawasan penyangga Ibu kota Jakarta, kata Andika, Banten menjadi pusat perkembangan dakwah Islam yang melahirkan banyak tokoh Agama dan ulama ternama di Indonesia.

Menurut Andika, DPD melalui Najamudin meyakini Banten bisa menjadi kawasan percontohan pengembangan kawasan industri halal dan keuangan syari’ah di Indonesia di tengah meningkatnya trend industri dan bisnis halal di banyak negara industri maju.

Oleh karena itu, lanjutnya, DPD RI secara kelembagaan dalam pertemuan tersebut mengaku merasa perlu untuk terlibat aktif dalam berkontribusi memberikan masukan kepada para pimpinan daerah terkait pengembangan kawasan industri halal.

Najamudin sendiri mengaku mengapresiasi Andika dan Pemprov Banten yang telah menyambut baik masukan dari pihaknya tersebut.

Baca Juga: Perkuat Peran dan Fungsi DPD RI, LaNyalla Usul Amendemen Konstitusi

Najamudin menyebut, Pemprov Banten mengaku saat ini sedang intensif dan terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan semua pihak dalam memajukan ekosistem halal di Banten, termasuk lembaga legislatif dan pemerintah pusat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait