alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Lengkap Zikir Pagi dan Petang Mudah Dihafal

Hairul Alwan Kamis, 02 Desember 2021 | 11:55 WIB

Bacaan Lengkap Zikir Pagi dan Petang Mudah Dihafal
Ilustrasi berdoa, niat puasa, dzikir, doa setelah sholat (Elemen Envato)

Zikir pagi petang merupakan ibadah yang dilakukan umat muslim sebagai langkah mengingat Allah

SuaraBanten.id - Zikir pagi petang merupakan ibadah yang dilakukan umat muslim sebagai langkah mengingat Allah, di mana lafaz dengan arti pujian kepada Allah SWT sering diamalkan di mana saja.

Banyak keutamaan bagi setiap muslim dan muslimah melakukan zikir di manapun dan waktu kapanpun. Namun terdapat keutamaan waktu yang bisa menjadi prioritaskan bagi setiap muslim yakni zikir pagi dan petang.

Anjuran waktu yang utama di dalam Alquran dijelaskan yakni di saat pagi dan petang sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Ahzab ayat 42-43 yang artinya :

Ilustrasi alquran, doa, dzikir, islam, sholat, salat (Elemen Envato)
Ilustrasi alquran, doa, dzikir, islam, sholat, salat (Elemen Envato)

“Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampun untukmu). supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Yang Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.”

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap dengan Keutamaannya

Selain itu terdapat pula anjuran melakukan zikir pagi dan petang dalam surah Ar Rum ayat 17 yang artinya:

“Dan bertasbihlah kepada Nya di waktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat Nya (memohonkan ampun untukmu). supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Yang Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.”

Selain itu terdapat pula anjuran melakukan zikir pagi dan petang dalam surah Ar Rum ayat 17 yang artinya:

Ilustrasi tasbih. (Pixabay/Devanath)
Ilustrasi tasbih. (Pixabay/Devanath)

“Aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari waktu sholat Shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail AS. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari waktu sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.”

Selain ganjaran pahala dan meningkatkan keimanan, zikir juga menjadi amalah bagi setiap manusia sebagai amalan mengangkat derajat seorang muslim untuk memberikan ketenangan jiwa.

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Doa Dapat Rezeki Tak Terduga

“Maukah aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah) dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para sahabat yang hadir berkata: Mau (wahai Rasulullah) Beliau bersabda: zikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR Tirmidzi).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait