alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Sholat Dhuha, Arti dan Waktu Pelaksanaan

Hairul Alwan Minggu, 12 September 2021 | 09:05 WIB

Doa Sholat Dhuha, Arti dan Waktu Pelaksanaan
Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]

Sholat dhuha seseorang akan mendapatkan kebaikan dan juga mendapatkan keutamaan yang akan menutupi kekurangannya.

SuaraBanten.id - Doa sholat dhuha bacaan latin, arti dan waktu pelaksanaan sholat dhuha kali ini akan dibahas ditulisan ini. Selain itu tata cara sholat dhuha juga akan dibahas dalam tulisan ini.

SuaraBanten.id melalui ulasan ini akan menjelaskan secara rinci terkait dengan pertanyaan di atas. Berikut adalah ulasan tentang doa sholat dhuha lengkap dengan tata cara dan keutamaanya.

Seorang muslim tentunya harus menjalankan semua kewajiban yang diperintahkan oleh Allah menjadi tujuan utama manusia dalam menjalani kehidupannya.

Salah satu kewajiban yang harus umat Islam lakukan yakni 5 waktu sholat wajib, namun disamping itu ada beberapa amalan sunnah lain yang juga disarankan untuk didirikan yang salah satunya yakni sholat dhuha.

Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa cara selain mendirikan ibadah sholat 5 waktu ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala dan ganjaran.

Baca Juga: LENGKAP Doa Sholat Dhuha dan Bacaan Latin

Selain itu, dengan mendirikan sholat dhuha seseorang akan mendapatkan kebaikan dan juga mendapatkan keutamaan yang akan menutupi kekurangannya.

Waktu Pelaksanaan Sholat Dhuha

Shalat dhuha didirikan dalam jumlah dua rakaat salam. Selain itu ada waktu yang diperbolehkan bagi anda untuk mendirikan ibadah sholat dhuha, yakni dari terbitnya matahari hingga menjelang zuhur. Atau lebih rincinya sekitar pukul 08.00 – 11.00.

Tata Cara Sholat Dhuha

Berikut adalah beberapa tata cara dalam mendirikan ibadah salat dhuha:

Baca Juga: Doa Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara Mendirikannya

  1. Membaca niat sholat dhuha
  2. Doa Iftitah
  3. Surat Al-Fatihah
  4. Membaca satu surat di dalam Al Quran. Afdholnya rakaat pertama membaca surat Asy-Syam dan rakaat kedua surat Al Lail
  5. Ruku dan membaca tasbih tiga kali.
  6. Iktidal dan membaca bacaannya.
  7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali.
  8. Duduk di antara dua sujud dan membaca bacaannya.
  9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali.

Doa Sholat Dhuha

Setelah mendirikan sholat dhuha sangat dianjurkan untuk membacakan doa di bawah. Berikut bacaan latin doa sholat dhuha:

Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.

Arti doa sholat dhuha:

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah.

Apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Demikian adalah ulasan tentang doa sholat dhuha lengkap dengan tata cara mendirikannya, semoga dapat memberikan wawasan baru bagi anda yang ingin mendirikan sholat dhuha.

(Dhea Alif Fatikha)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait