alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Membuat Jus untuk Dikonsumsi Sehari-Hari

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Minggu, 12 September 2021 | 09:00 WIB

Tips Membuat Jus untuk Dikonsumsi Sehari-Hari
Jus. (Pexels)

Blender dengan material yang bagus baik untuk membuat jus.

SuaraBanten.id - Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sangat diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian. Untuk menikmati buah-buahan, Anda tidak hanya bisa mengkonsumsinya secara langsung namun juga bisa dimodifikasi menjadi bentuk yang berbeda seperti jus. Supaya Anda mendapatkan jus berkualitas dengan nutrisi yang optimal maka bisa mengikuti tips membuat jus.

Membuat jus sangatlah mudah dilakukan, akan tetapi Anda tetap harus memahami cara pembuatan yang tepat. Banyak orang membuat jus hanya sekedar mengutamakan rasa akan tetapi tidak memperdulikan apakah kandungan nutrisinya hilang atau tidak. Dengan mengikuti tips membuat jus untuk kesehatan, maka Anda akan mendapatkan jus tinggi vitamin tetapi dengan rasa yang tetap enak.

Tips Membuat Jus Untuk Dikonsumsi Sehari Hari Dengan 5 Langkah

Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sangat baik untuk kesehatan. Ada banyak jenis buah dan sayur yang bisa dibuat menjadi jus untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah lima langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan jus dengan rasa lezat dan kaya akan nutrisi :

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ekstrak Buah Kaktus Punya Manfaat Bagi Kesehatan Kulit

1. Memilih Buah Segar

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memilih buah segar yang akan dibuat jus. Ada banyak sekali jenis buah-buahan segar yang baik dikonsumsi setiap hari seperti jenis buah pisang, jeruk, mangga, stroberi, pepaya, anggur, dan lain sebagainya.

Agar mendapatkan nutrisi yang lengkap, sebaiknya memilih buah-buahan segar. Selain itu, buah-buahan yang dikonsumsi setiap hari akan lebih baik jika bervariasi. Anda bisa berganti buah antara hari satu dengan hari lain sehingga tidak cepat bosan.

Misalnya hari ini Anda membuat jus dari buah pepaya, maka besok bisa membuat jus dari nanas, semangka, atau buah-buahan lain. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa buah sekaligus dalam satu kali pembuatan. Pilihlah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki rasa segar.

Sebenarnya untuk membuat jus, Anda tidak hanya bisa menggunakan buah-buahan saja akan tetapi bisa juga menggunakan sayur-sayuran. Kombinasi antara buah dan sayur juga akan sangat baik untuk menutrisi tubuh agar imunitas tubuh tetap terjaga dan semakin sehat.

Baca Juga: Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imun

2. Bersihkan Buah

Tips berikutnya setelah memilih buah yang akan dibuat jus maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu membersihkan buah tersebut. Cucilah buah-buahan terlebih dahulu terutama buah yang tidak harus dikupas seperti apel, anggur, strawberry dan yang lainnya.

Untuk buah yang harus dikupas seperti pisang dan pepaya bisa dibersihkan dari kulit dan bijinya kemudian baru dicuci menggunakan air mengalir. Pastikan buah benar-benar dicuci dengan bersih agar tidak ada kotoran atau sisa pestisida yang menempel.

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa buah-buahan saat ini banyak yang mengandung pestisida dan bahan kimia berbahaya lain.

Apabila Anda ingin mendapatkan buah yang sehat dan bebas dari bahan kimia maka bisa memilih buah-buahan organik. Di Indonesia ada banyak sekali jenis buah lokal organik yang kaya akan nutrisi dengan rasa yang sangat nikmat. Buah-buahan ini memang memiliki penampilan yang tidak terlalu mencolok seperti buah-buahan import tetapi justru nutrisinya bisa lebih tinggi seperti apel malang, buah naga, dll.

3. Persiapkan Alat

Apabila buah-buahan sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya Anda juga perlu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan. Untuk membuat jus, alat utama yang dibutuhkan yaitu blender.

Gunakan blender dengan material yang kokoh serta tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya pada materialnya. Peralatan yang digunakan untuk membuat jus sangat mempengaruhi rasa serta kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Blender sangat memudahkan Anda dalam membuat jus dari buah-buahan maupun sayuran. Jadi Anda sebaiknya membeli blender yang memang memiliki material bagus, serta fitur menarik sesuai dengan jenis blender yang Anda butuhkan.

4. Potong Buah

Tips membuat jus berikut setelah mempersiapkan buah dan blender, selanjutnya Anda bisa memasukkan buah-buahan tersebut ke dalam blender. Untuk memudahkan proses penghancuran buah, Anda bisa memotong buah-buahan terlebih dahulu.

Gunakan wadah yang bersih serta pisau yang tajam untuk memotong buah yang akan dibuat jus. Perlu Anda ketahui bahwa memotong buah dengan ukuran kecil akan semakin memudahkan blender untuk menghaluskan buah dan sayur. Namun jika Anda menggunakan blender berkualitas tinggi tentu lebih mudah, sehingga tidak perlu memotong buah-buahan terlalu kecil.

5. Tambah Pemanis Alami

Untuk membuat jus untuk kesehatan lebih nikmat, Anda bisa menambahkan pemanis alami seperti gula pasir. Namun apabila ingin menambahkan gula, pastikan takarannya sedikit saja. Kandungan gula pada buah sudah tinggi sehingga apabila ditambahkan gula pasir terlalu banyak akan mempengaruhi kandungan gizi dari jus menjadi kurang sehat karena terlalu banyak karbohidrat dari gula pasir yang melebihi kandungan vitamin dan mineral dari buah-buahan.

Jika ingin membuat jus yang sehat tanpa gula bisa mengganti pemanis dengan madu. Buah-buahan yang sudah kaya akan nutrisi lalu dikombinasikan dengan madu tentu akan membuatnya semakin istimewa.

Selain memakai madu, Anda juga bisa menambahkan susu pada jus buah. Agar semakin segar, tambahkan es batu ke dalam jus yang sudah selesai di blender. Minuman ini bisa dikonsumsi setiap hari asalkan tidak berlebihan.

Membuat jus kini semakin mudah dan praktis karena ada blender. Anda bisa mencampurkan berbagai macam buah dalam satu porsi jus. Blender akan menghaluskan buah dan sayur dengan sangat cepat.

Apabila Anda masih belum memiliki blender untuk membuat jus atau ingin blender dengan kualitas lebih baik lagi, sekarang Anda bisa membelinya dengan mudah secara online di Blibli. Di sana tersedia banyak sekali pilihan blender berkualitas dari brand ternama. Tersedia produk dengan berbagai macam model seperti blender biasa atau blender tangan.

Berbelanja di Blibli memberikan Anda pengalaman belajar yang menyenangkan karena produk yang dijual merupakan produk asli dengan harga terbaik. Setelah memiliki blender yang Anda butuhkan, selanjutnya tinggal mengikuti tips membuat jus di atas. Langsung saja download aplikasi blibli dan pilih blender terbaik sesuai keinginan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait